Pemerintahan

Serunya “Ngabring” Salat Subuh di Masjid Raya Jabar

BANDUNG.SJN COM,-Subuh Berjemaah Akbar yang digelar di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Minggu (23/9/2019) berlangsung khidmat. Ribuan orang “ngabring” atau berbondong-bondong berjalan kaki dari titik kumpul yang telah ditentukan oleh panitia.

 

Sebagian besar jamaah telah berkumpul sejak pukul 03.30 WIB. Seperti yang dilakukan oleh Nining (49) dan Juju (56). Keduanya bersama rombongan Majelis Taklim Nurul Huda, Kelurahan Jamika Kota Bandung berjalan kali dari Balonggede hingga ke Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

“Seru ya, jalan kaki ‘ngabring’ gitu. Kami ada sekitar 30 orang,” ujar Nining saat ditemui Humas Kota Bandung usai salat Subuh.

 

Nining dan Juju datang bersama anak-anaknya. Laila (18), putri Nining, mengaku senang. Kendati bukan hal yang baru, namun suasana kekhidmatan Salat Subuh Akbar ini terasa berbeda.

“Di sekolah juga suka ada salat Subuh berjemaah. Soalnya ikut ekskul remaja masjid,” ungkap siswi kelas 12 SMK Penida Katapang itu.

 

Hal serupa juga dikatakan Lina (54), guru SDN 148 Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul. Ia hadir bersama dengan para guru lainnya berjalan kaki dari Jalan Naripan.

“Ada tadi teman saya, dia jalan kaki dari depan RS Immanuel, Sukaleueur, sama temen-temen pengajiannya. Jauh banget. Tapi karena banyakan, sampai 30 orang, jadi nggak kerasa. Seru,” tuturnya.

 

Di momentum Hari Jadi ke-209 Kota Bandung ini, perempuan yang telah mengabdi selama 30 tahun menjadi guru itu berharap agar pemerintah semakin baik dan partisipasi masyarakat meningkat. Ia pun mendukung agar kegiatan keagamaan yang positif ini terus digalakan.

“Kalau program yang positif seperti ini tentu kita dukung. Kita kan mengharap ada perbaikan, tapi kalo nggak turut mendukung tidak akan terealisasi. Kalau ikut turun (berpartisipasi) insyaallah, akan berhasil,” harapnya