Pemerintahan

Ribuan Umat Muslim Khidmat Salat Subuh di Masjid Raya Jabar

BANDUNG.SJN COM,-Ribuan  umat muslim berbondong-bondong menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Bandung pada Minggu (22/9/2019). Sekalipun hari masih gelap, mereka tampak antusias menuju Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat di kawasan Alun Alun Bandung.

Mereka datang untuk mengikuti salat subuh berjemaah yang kali ini sengaja dikemas spesial oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, karena Subuh kali ini juga merupakan kegiatan Subuh Akbar yang masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-209 Kota Bandung.

 

Berdasarkan pantuan Humas Kota Bandung, sejumlah umat muslim telah mulai berdatangan ke Masjid Raya Jawa Barat, sekitar pukul 03.30 WIB. Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung yang mengikuti Subuh Berjemaah ini memarkirkan kendaraannya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana. Mereka berjalan dari Balai Kota menuju masjid melalui Jalan Braga.

 

Sedangkan jemaah lainnya juga datang dari arah Jalan Asia-Afrika. Mereka berjalan kaki dari Gedung Keuangan Negara yang menjadi salah satu kantong parkir di kegiatan ini.

Sementara itu, dari arah selatan tepatnya dari arah Jalan Dewi Sartika juga tampak umat muslim mengalir menuju Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Sebagain besar umat muslim yang datang berpakaian putih-putih.

 

Rombongan jamaah lainnya tampak beriringan dari arah Jalan Oto Iskandar Di Nata (Otista). Secara bergerombol terus berdatangan ke masjid raya.

 

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berjalan dari kediaman dinasnya di Pendopo sekitar pukul 03.30 WIB. Ia menuju masjid disertai oleh sang istri, Siti Muntamah Oded dan sejumlah anggota keluarga lainnya. Tiba di masjid, ia langsung melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna juga datang ke masjid ditemani oleh istrinya, Cici Lisnawaty.

 

Salat Subuh berjemaah kali ini diimami oleh Thyazen Abdo Alhakimi. Salat Subuh berlangsung khidmat. Seusai salat, dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan K.H. Miftah Faridl.