Ridwan Kamil: Menulis Tidak Harus Dalam Bentuk Buku

BANDUNG.SJN COM, – Menghibur melalui tulisan bersama Ridwan Kamil adalah salah satu acara dalam rangkaian Book Fest 2019 yang digelar di Union Square Cihampelas Walk (Ciwalk) Kota Bandung .Minggu ( 8 /9 2019)

Book Fest 2019 merupakan suatu gelaran dalam rangka menyambut hari literasi internasional dan hari kunjungan perpustakaan nasional dengan menghadirkan para penulis populer Indonesia seperti Ridwan Kamil, Atalia Praratya, Pidi Baiq, Ernest Prakarsa, Melly Goeslaw, Ferry Curtis dan juga Chef Davina.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir dalam sharing session bersama dengan Ernest Prakarsa seorang penulis, komika dan juga produser film.

Emil sapaan Ridwan Kamil menyampaikan bahwa seiring perkembangan jaman, kegiatan menulis tidak harus berbentuk buku tapi bisa juga melalui media sosial. Hal tersebut didukung oleh pernyataan Ernest dimana sekarang ini media untuk menulis sangatlah banyak, salah satunya adalah wordpad.

Sebagai contoh, Emil menyebutkan salah satu akun Instagram yaitu @humanofnewyork dimana pemilik akunnya tidak hanya menampilkan foto tetapi menuliskan tentang sisi kemanusiaan dari warga New York dengan beragam ceritanya.

Emil bercerita bahwa Atalia yang juga merupakan Bunda Literasi Jawa Barat sedang gemar menulis. Ia sedang menuangkan hasil idenya ke dalam sebuah novel berjudul Lelaki ke-42.

Dalam kesempatan tersebut, Emil memberikan naskah novel buah ide Atalia kepada Ernest Prakarsa untuk dibaca.

Emil pun mengundang Atalia ke panggung untuk membacakan sedikit sinopsis dari buku yang sedang dalam tahap cetak tersebut.

“Angka 42 itu maksudnya saya adalah lelaki ke-42 yang menyatakan cinta kepada istri saya. Saat ini novel tersebut sedang tahap cetak di daerah Dipati Ukur” ceplos Emil disambut gelak tawa para penonton.

Emil dalam closing statement-nya mengajak kepada warga Jawa Barat untuk rajin membaca agar bisa lebih memahami dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *