Dispusipda Jabar Adakan Peerlearning Meeting dan Bookpark

BANDUNG.SJN COM,-Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat bekerjsama dengan Tim Book Park Provinsi Jawa Barat. Mengadakan acara Peerlearning Meeting dan Bookpark yang berlangsung pada 6-8 September 2019, bertempat di Cihampelas Walk Bandung. Jl. Cihampelas Bandung. Saat Pembukaaan Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat H.Riadi, SKM, MPH menuturkan kegiataan ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kegiataan kegemaran membaca di Jawa Barat, kegiataan berliterasi untuk masyarakat yang dilaksanakan dengan konsep di taman. Adapun kegiataan tersebut diantaranya lomba bercerita, pameran dan bedah buku ujarnya.

Lebih jauh H.Riadi menuturkan Budaya kegemaran membaca masyarakat telah menjadi lambing peradaban sebuah bangsa, semakin maju sebauah bangsa maka semakin tinggi tingkat kebutuhan membacanya, saat ini telah terjadi pergeseran bahwa masyarakat tidak hanya dituntut berkemampuan membaca saja melainkan harus berkemampuan literasi untuk menjadi masyarakat literet, yaitu kemampuan nalar seorang untuk mengartikulasikan segala fenomena sosial dengan huruf dan tulisan, melek teknologi, politik, berpikiran kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas.

Kegemaran membaca dilatar belakangi oleh kegiatan masyarakat Indonesia pada dasarnya merupakan masyarakat berbudi tutur, dimana bentuk pertukaran informasinya secara lisan.Semua informasi, gagasan dan pengetahuan hanya disimpan dalam ingatan. Budaya baca harus  dijadikan sebagaian bagaian dari kehidupan masyarakat, kegemaran membaca akan berdampak pada budaya membaca secara langsung maupun tidak langsung kebiasaan membaca menjadi salah satu indikator kualitas Bangsa.

 

Harapnnya semoga kegiataan Peer Learning Meeting dan Book Park ini dapat menanamkan Literasi di Masyarakat yang dapat ditempuh mellaui tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran.Pada tahap pembelajaran merupakan fase menarik minat masyarakat untuk gemar membaca dan menulis melalui permainanan edukatif, tahap pengembangan merupakan fase membaca dan menulis serta menggunakan bahan bacaan atau sumber informasi sesuai dengan minat masyarakat secara efektif dan tahap pembelajaran merupakan fase membangun kemandirian dalam memanfaatkan bahan bacaan dan sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan ujarnya.

Dengan Kegiaatan Book Park ini dapat mewujudkan gerakan literasi di masyarakat sehingga masyarakat mampu membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan kehidupan Bangsa tandanya.

Acara ini dihadiri oleh Kabid BPBGM  Dispusipda Jabar Dr.Hj.Neni Alyani, SE, M.Pd, Forkom Puspa Jawa Barat , Ikapi Jawa Barat, Paguyuban Duta Perpustakaan, Ikatan Perpustakaan Indonesia, , Mapusta, Forum Perpustkaan Dearah/Kelurahan, PD-GPMB,  Pengurus Dewan Perpustakaan Daerah, Tim Sinergi, Pengurus Masyarakat Literasi Indonesia, BITREAD, Pustakawan Dispusipdajabar (dh)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *