Ridwan Kamil Sapa Warga Sunda Di Ternate

TERNATE,SJN COM,-Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil menyapa langsung warga Ternate asal Jawa Barat yang tergabung dalam Paguyuban Pasundan Ternate di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis, dan pada kesempatan itu, ia meminta mereka untuk menjaga nilai “silih asih, silih asah, silih asuh, dan silih wawangi”.

“Saya juga mengajak warga Jabar yang tinggal di Kota Ternate untuk mengedepankan pepatah, di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung,” kata Emil.

Dia juga bangga karena berdasarkan laporan kepala daerah lainnya kepada dirinya menyatakan bahwa orang Sunda di luar Jabar memiliki citra positif bahkan ada yang menjadi juru damai saat konflik terjadi.

“Banyak pemimpin daerah di Indonesia yang bilang ke saya, kalau orang Sunda biasanya jadi juru damai. Orang-orangnya, katanya, ramah, santun, dan humoris,” katanya.

Gubernur Emil memberi bantuan dana sebesar Rp 50 juta kepada Paguyuban Pasundan Ternate untuk mengembangkan organisasinya, sehingga Paguyuban Pasundan Ternate dapat melakukan berbagai program kerja dengan maksimal.

Selain itu, Gubernur Emil meminta kepala daerah setempat, yakni Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, untuk mendukung kegiatan positif yang digelar Paguyuban Pasundan Ternate.

“Jadi biasakan kita rajin bersilaturahim, menambah nikmat umur, kesehatan, dan tentunya nikmat silaturahim itu sendiri,” kata Emil.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Pasundan Maluku Utara, Kombes Pol Tubagus Siddiq mengatakan bahwa organisasinya terbentuk pada 2004. Saat ini jumlah warga Ternate asal Jabar mencapai 1.000 orang.

“Orang Sunda di sini, umumnya ingin anak-anaknya bisa sukses di sini,” kata Siddiq.

Sedangkan, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan bahwa warga Ternate asal Jabar dikenal sebagai individu yang santun.

“(Warga Pasundan) selalu membangun komunikasi, silaturahim dengan baik. Dengan itu, semua berjalan baik dan lancar, bahagia dan sejahtera,” kata Burhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *