HARGANAS TNGKAT JABAR HARI KELUARGA, HARI KITA SEMUA.

SUKABUMI.SJN COM,- Keluarga merupakan pilar peradaban bangsa. Karena disinilah sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai berlangsung. Sebagai unit terkecil masyarakat dan sumber ketahanan sosial dalam masyarakat, maka penguatan keluarga menjadi penting. Keluarga yang kuat dapat menjadi benteng pertahanan bangsa sehingga jika setiap keluarga memiliki kekuatan dan ketahanan akan tercipta masyarakat yang kuat terhadap tantangan dan permasalahan yang ada.Berdasarkan surat keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) setiap tanggal 29 Juni diperingati sebagai hari Keluarga Nasional. Tahun 2019 merupakan HARGANAS ke XXVI yang memiliki semangat untuk meraih Indonesia emas tahun 2045 dandimana puncak acaranya telah dilaksanakan diKota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan serta pada Tingkat Provinsi Jawa Barat dihadiri oleh kita semua pada Tanggal 29 Agustus 2019 di Kabupaten Sukabumi hari ini.

Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga mengamanatkan Pembangunan Keluarga dilaksanakan melalui Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan keluarga, Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga merupakan salahsatu upaya untuk membangun kualitas SDM guna membangun Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera. Dengan program KKBPK diharapkan akan terwujud SDM Jawa Barat yang unggul, berkarakter, tangguh, amdiri dan berdaya saing tinggi.

 

Keluarga merupakan wadah utama dan pertama penanaman nilai-nilai budi pekerti sebagai upaya mendorong seluruh keluarga untuk melaksanakan dan menerapkan 8 (delapan) fungsi keluarga dengan sebaik-baiknya. Kedelapan fungsi tersebut adalah (1) fungsi agama; (2) fungsi sosial budaya; (3) fungsi cinta kasih; (4) fungsi perlindungan; (5) fungsi reproduksi; (6) fungsi sosialisasi dan pendidikan; (7) fungsi ekonomi; (8) fungsi lingkungan. Dengan melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara menyeluruh dan konsekuen maka keluarga sejahtera yang diidam-idamkan dapat tercapai dan kualitas masyarakat Jawa Barat akan meningkat.

 

Kami berharap semoga HARGANAS ke XXVI ini dapat menjadi daya ungkit dalam mewujudkan keluarga, masyarakat dan bangsa yang kokoh dan berketahanan melalui 8 (delapan) fungsi keluarga. HARGANAS juga diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota, BKKBN  dan mitra kerja lainnya dalam rangka membangun bangsa mewujudkan Jawa Barat juara Lahir dan Bathin.

 

Peringatan HARGANAS tahun ini masih sama dengan sebelumnya karena mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan penerapan 4 (empat) pendekatan ketahanan keluarga yaitu: (1) keluarga berkumpul (reuniting); (2) Keluarga berinteraksi (interacting); (3) Keluarga berdaya (empowering); (4) Keluarga peduli dan berbagi (sharing and caring). Salah satu kegiatan yang digalakan dalam momentum HARGANAS XXVI Tahun 2019 adalah “Gerakan Kembali ke Meja Makan” dan Gerakan “Tidak melihat media social dan TV pada jam 18.00 – 21.00 atau Gerakan 1821”. Dengan maksud mulai jam 6 sore sampai jam 9 malam diinformasikan agar seluruh anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan, misalnya : bagi yang muslim menjalankan sholat, mengaji dilanjutkan makan malam, belajar atau berdiskusi antar anggota keluarga, yang diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antar anggota keluarga yang akan mewujudkan ketahanan keluarga.

 

Sesuai dengan visi 5 tahun mendatang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang memacu masyarakatnya menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin yang memiliki manusia beriman, bahagia dan berkualitas, membangun ekonomi yang berdaya saing, berkelanjutan dan merata sejahtera di desa maupun kota, serta menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik. Dan dengan misi antara lain; membentuk Manusia Jawa Barat yang beriman, bertakwa serta mendorong peran tempat ibadah sebagai sentra keilmuan dan interaksi sosial, melahirkan manusia Jawa Barat yang bahagia, berkualitas dan produktif, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, keuangan daerah yang sehat, dan inovasi pembiayaan pembangunan untuk mendorong pembangunan Jawa Barat, membangun infrastruktur wilayah/desa dan kota di Jawa Barat yang mampu mempercepat pertumbuhan dan ekonomi, serta meningkatakan konektivitas baik antara kota/kabupaten di Jawa Barat maupun Jawa Barat dengan provinsi lainnya di Indonesia, mendorong daya saing ekonomi yang berkelanjutan di desa dan kota dan ekonomi umat dalam rangka menghadirkan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat Jawa Barat.

 

Harganas Provinsi Jawa Barat ini dihadiri oleh Sekretaris Utama BKKBN;Deputi KB-KR BKKBN;Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat;  Bupati dan Walikota Se Jawa Barat;Bupati Sukabumi;Para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat;Kepala OPD-KB Kabupaten dan Kota se Jawa Barat bererta Jajarannya;Mitra kerja, organisasi profesi, LSM, kader serta penggiat program KKBPK.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *