Kampung KB Sebagai Wahana Pemberdayaan Masyarakat

BANDUNG.SJN COM,-Kampung KB merupakan Satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa-Barat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas Kampung KB yang kini berjumlah 2.037 di seluruh desa di Jawa-Barat.Saat ini tiap desa ada satu kampung KB.

“Targetnya sudah terpenuhi, dimana tiap satu kecamatan satu kampung kb, ditambah 27 kecamatan, jadi 650 an. Saat ini dari segi kuantitatif sudah terpenuhi, dan saat ini sudah berdiri 2.037 kampung kb,” Hal ini dikatakan Teguh Santoso  usai membuka Pasanggiri Kreatifitas KIE Pengelola Program KKBPK di Tk Desa tahun 2019 di Dago TeaHouse Bandung Rabu (21/8/2019).

Menurutnya, ada beberapa wilayah ingin mengembangkan kampung KB.“Yang terpenting saat ini, kita petakan dulu kualitasnya, setelah itu baru dipilah. Dari 2.037 kampung kb tersebut apakah masih dasar, pemula atau sudah mandiri, kita harapkan pada 2023 semua kampung kb di Jabar sudah mandiri,” ucapnya.

Sehingga wadah Kampung KB ini dapat kita jadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya merubah sikap, prilaku dan cara berfikir (mindset) masyarakat kearah yang lebih baik, sehingga kampung yang tadinya tertinggal dan terbelakang dapat sejajar dengan kampung-kampung lainnya, masyarakat yang tadinya tidak memiliki kegiatan dapat bergabung dengan poktan-poktan yang ada, keluarga yang tadinya tidak memiliki usaha dapat bergabung menjadi anggota UPPKS yang ada.(dh)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.