TNI

100 Orang Warga Papua Tari Sajojo Meriahkan HUT RI Ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Barat

BANDUNG.SJN COM,- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang setiap tahunnya dilaksanakan dengan pengibaran bendera merah Putih tersebut, untuk wilayah Bandung dipusatkan di Lapangan Gasibu Jalan Ponegoro Kota Bandung,  Sabtu (17 Agustus 2019).

 

Gubernur Jawa Barat H. M. Ridwan Kamil bertindak selaku inspektur upacara, sedangkan selaku Komandan Upacara Danyonif 310/KK Letkol Inf Ageung Wahyu Romadhon.

 

Keunikan pada upacara kali ini dan menjadi sorotan khusus bagi peserta Upacara dan masyarakat yang menyaksikannya. Diantaranya dengan hadirnya 100 orang warga Papua khusus untuk mengikuti proses upacara peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 di Bandung.

 

Ke 100 orang tersebut adalah warga asli Papua, jauh-jauh datang dengan penuh kesukarelaan untuk membuktikan kesetiaannya datang ke Bandung untuk mengikuti upacara dan menyatakan bahwa mereka adalah Bangsa Indonesia yang cinta akan tumpah darah dan tanah airnya yaitu Indonesia.

 

Dengan penuh hidmat ke 100 orang tersebut mengikuti proses upacara pengibaran bendera merah putih hingga akhir. Salah satu perwakilan menyampaikan kegembiraannya bisa hadir untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-74 di Bandung.

 

Selain itu, warga bumi Cendrawasih Papua mempersembehkan tari sajojo yang menggambarkan keceriaan sebagai bentuk persatuan dan kebersamaan dibawah naungan Pancasila.

 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Gubernur Jabar H. M. Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari diikuti pejabat lainnya turut juga meramaikan tari sajojo bersama dengan warga Papua. (Pendam III/Siliwangi)