Pemerintahan

Atalia Praratya Kamil : Sekoper Cinta Upaya Memberdayakan Kaum Perempuan Jawa Barat

BANDUNG.SJN COM,-Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Umum Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) Atalia Praratya Kamil menjelaskan, bahwa Sekoper Cinta hadir sebagai wadah perempuan bertukar pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas hidup.  Sekoper Cinta juga sebagai upaya pemberdayaan perempuan untuk mewujudkan kesetaraan peran, akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat antara perempuan dan laki-laki di semua bidang.

“Melalui program Sekoper Cinta ini, kami berharap isu-isu permasalahan di Jawa Barat dapat teratasi, terutama masalah prevalensi stunting, pernikahan anak, angka kematian ibu dan bayi, perceraian, kekerasan, dan human trafficking,” ucap Atalia. Hal ini dkatakan usai menghadiri Aacra Halal Bihalal Idul Fitri 1 Sayawal 1440 H, yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan , Perlindungan Aanak dan Keluarga Berenccana Jawa Barat di Aula Sekoper Cinta Jl.Turangga  Bandung, Selasa (18/6/2019).

 

Lebih jauh  Atalia menuturkan Program Sekoper Cinta ini akan mentransfer bagaimana perempuan mampu berketahanan , Insya Allah kita akan masih menjalankan pada program  Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2KWSS), sebenarnya program P2KWSS ini merupakan program pemerintah yang sudah lama berjalan  .

Program Ini merupakan program peningkatan perempuan dalam kesehatan dan kesejahteraan perempuan.Jadi program ini Insya Allah  akan dilaksanakn untuk 100 perempuan /perdesa yang sudah dipilih oleh kabupaten/kota jadi tahun ini akan menghadirkan 2700 /per kabupaten kota untuk seluruh Jawa Barat.

TOT sudah diberikan kepada trainer langsung hadir di masyarakat mereka yang dilatih adalah dari kecamatan dipilih oleh Kabuapten/Kota , jadi ada perwakilan masing-masing itu sesuai jumlah kecamtan yang ada, misalnya ada 30 kecamatan nanti ada 30 kecamatan dari Kabupaten/Kota jadi perwakilan 30 orang.

Mereka menjadi trainer yang akan turun kemudian kedepannya kita akan hadirkan trainer-trainer relawan sehingga nanti program ini tidak saja dibawah naungan pemerintah tapi juga jadi kepanjangatanganan program lanjutannnya oleh masyarakat juga seperti itu.

Tapi pada intinya pada tahap pertama karena ini project awal dilakukan kepada 100 perempuan disatu wilayah  ujarnya.

Sekoper Cinta ini selain menggandeng DP3AKB Jabar sebagai reading sektor akan tetapi ini juga banyak bersentuhan dengan dinas lain juga, dengan stockholder lainnya, kita ajak  semuanya contohnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat.kita ajak karena wilayah mereka punya program yang bisa bersentuhan bersamaan dengan kita demikian juga BKKBN, DIsik, Disnakaer dan lain sebagainya.

Kita berharap karena program ini juga program bersama semoga apa yang kita lakukan di sekor ini bisa mempercepat program hadir di masyarakat.

Ketika program ini dilluncurkan akhir tahun lalu banyak sekali masyarakat yang mengakses kepada kami, bu bagaimana kami tidak ada di desa atau kelurahan tersebut , saya sampaikan kepada mereka mohon bersabar program pertama kita mudah-mudahan dan kedepannya dengan hadirnya trainer relawan bisa menghadirkan sekolah-sekolah lain , terutam saya bahagia sekali ketika Disdik bekerja sama juga dengan kita karena untuk program terkait dengan modul lanjutan nya tematik dan  advan kita juga menggunakan fasilitas Dinas Pendidikan misalnya di SMK tertentu itu mereka dengan kelengkapan yang luar biasa , kita dengan mudah mengajar kepada para perempuan ini dengan kelengkapan dan fasilitas yang ada contohnya mereka yang ingin belajar untuk memasak supaya mereka mampu untuk berjualan atau lainnya sebagainya , itu kita bekerjasama dengan Disdik, kelengkapan yang ada di SMK-SMK itu dijadikan fasilitas untuk Sekoper Cinta Juga tandasnya.

Alhamdulillah kita bekerjasama dengan Disdik , kami juga mencoba menghubungkan antara scholder dengan Sekoper Cinta. Kedepannya yang ada akan mengikuti program Sekoper Cinta jika mereka sudah masuk dalam taraf advan kita akan coba menghubungkan dengan dunia kerja, apakah mereka di rumahkan untuk sektor 2 perusahaan , hotel dan lain-lain ataukah mereka melalui  penyalur online-online , fasilitas powder  sehingga seperti sekarang kita sudah bekerjasama dengan Gojek sehingga perempuan2 contohnya mereka yang sudah baik , enak sekali dalam membuat masakan level rumah tangga , itu juga bisa dibantu untuk dipasarkan melalui aplikasi2 di Gojeg tsb.

Ini akan terus kita dorong akan banyak lagi stockholder yang bisa bergabung bersama kami , perusahaan yang bisa bergabung bersama kami.

 

Kedepannya betul-betul bisa menjadi solusi bagi usaha perempuan di Jawa Barat . Harapan nya Sekoper Cinta untuk perempuan Jawa Barat  pertama tentunya saja ketahanan perempuan itu sendiri terkait dengan data kita masih banyak sekali kasus-kasus dari mulai perceraian, KDRT, pernikahan anak menjadi perhatian kita semua masih sangat tinggi, kemudian terkait stunting, karena stunting ini terkait dengan perempuan dan ketrampilan perempuan bagaimana mereka melakukan pola asuh baik bagi anak, sanitasi termasuk pola makan, hal-hal seperti ini  saya kira yang sangat penting adalah bagaimana perempuan itu mampu untuk terdidik mereka yang berwawasan luas mereka yang memiliki skill akan memiliki daya tahan yang tinggi semakin banyak perempuan yang terdidik semakin banyak mereka memiliki pilihan hidup apakah untuk tetap tinggal di rumah untuk mendidik anak-anak tentu saja anak-anak akan menjadi lebih baik dengan didikan yang baik ujarnya.

Target dalam Sekoper Cinta ada 3 yaitu tahapan yaitu untuk modul dasar 3 bulan termasuk pilihan untuk modul tematiknya ada pilihan ada beberapa ada 3 modul yang bisa diambil dalam pelatihan tersebut, setelah mereka lulus mereka boleh melanjutkan ke modul advan , dalam modul advan itu banyaknya dalam bidang skill untuk keahlian perempuan seperti masak, menjahit kecantikan perempuan dll. Dan termasuk juga kewirausahaan diajarkan untuk mendukung kemandirian

Sekper Cinta ini mendapat apresiasi dari KPPPA dan wogelty gender equality korea selatan

Jawa Barat sebagai pionir dalm sekoper cinta beban kita sangat tinggi karena kita akan menjadi percontohan untuk Nasional , Kalau berhasil di jawa barat akan di gulirkan di Tingkat Nasional pungkasnya.(die)