Pemerintahan

Pemkot Bandung Raih WTP

BANDUNG.SJN COM,-Pemkot Bandung meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (27/5/2019). Prestasi ini menjadi catatan sejarah mengingat untuk pertama kalinya Pemkot Bandung meraih opini WTP pada Laporan Keungan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 .

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas LKPD Tahun 2018 tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa di Kantor Wilayah BPKP Provinsi Jawa Barat, Jalan Moch. Toha, Bandung, Senin (27/5/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, opini WTP merupakan cita-cita seluruh jajaran Pemkot Bandung untuk mendapatkan opini yang sama dengan hampir seluruh pemerintah kabupaten/kota yang ada di wilayah Jabar.

“Kita dengan komitmen kuat, dukungan, dan arahan dari pimpinan, kebersamaan, kerja sama dan kerja keras dari seluruh jajaran,” katanya saat on air di PRFM, Senin (27/5/2019).

Ema menjelaskan, opini WTP diraih Pemkot Bandung setelah menyelesaikan tiga isu krusial mengenai keuangan, yakni berkenaan dengan aset, hutang jangka pendek, dan piutang sewa.

“Alhamdulillah beberapa hal bisa dikerjakan sampai tuntas. Kemudian bila ada hal yang belum 100 persen, saya pikir itu sudah memenuhi standar yang dimintakan oleh pihak BPK. Dan akhirnya mengeluarkan rekomendasi dalam bentuk opini (WTP) yang sudah diterima pemerintah Kota Bandung,” urainya.

Diharapkan Ema, opini WTP yang diraih Pemkot Bandung dapat meingkatkan tingkat kepecayaan masyarat. Soalnya, tata kelola keungan pemrintah merupakan hal sensitif bagi masyarakat.

“WTP ini bagi kami bermakna sangat positif.  Walaupun saya yakin bahwa dengan WTP itu bukan berarti segala seusatunya sudah tuntas. Tetapi dalam tata kelola, dari standar-standar yang dimintakan,” tandasnya.