Pemerintahan

DP3AKB Berikan Pelatihan E-commerce Kepada PEKKA

BANDUNG.SJN COM,-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat memberikan perhatian khusus kepada Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) di Jawa Barat melalui program pelatihan berbasis ekonomi. Dimana Pekka memiliki tanggung jawab yang besar, karena hanya mereka seorang yang menjadi tumpuan keluarganya.

“Pelatihan yang dimaksud juga mengikuti perkembangan zaman yaitu e-commerce sebagai wajah baru pemasaran ekonomi masa kini,” demikian dikatakan Kepala Seksi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan DP3AKB Provinsi Jawa Barat, Nunung Nurhayati, , Senin (27/5/2019)

Seperti diketahui yang menjadi permasalahan saat ini adalah masih minimnya pengetahuan para pelaku usaha, termasuk para anggota Pekka tentang strategi atau manajemen pemasaran. Dalam manajemen pemasaan, hal mendasar yang perlu  dikuasai adalah meliputi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), serta kecakapan (ability) manajemen pemasaran.

Melalui Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, DP3AKB Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Pemasaran E Commerce bagi para Pendamping Lapangan Perempuan Kepala Keluarga (PL Pekka) dari 27 Kabupaten/Kota, di Ops Room DP3AKB Provinsi Jawa Barat, Bandung, belum lama ini.

“Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama DP3AKB Provinsi Jawa Barat dengan Program Studi MMKMT Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Bandung,” ujarnya.

“pada masa sekarang ini, suatu perusahaan atau pelaku industri kecil menengah dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dan mengikuti kebutuhan pasar,” sambung Nunung.

Sayangnya, keterlambatan dalam memonitor kebutuhan pasar konsumen, keberadaan para pesaing, kurangnya peningkatan serta pengembangan nilai produk yang ditawarkan menjadi faktor yang sering menjadi penyebab kegagalan para industri kecil saat ini.

Maka dari itu, salah satu langkah yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengagendakan suatu program pelatihan pemasaran. Tujuannya agar para Pendamping Lapangan Perempuan Kepala Keluarga (PL Pekka) mendapatkan pengetahuan secara mendasar tentang strategi pemasaran, manajemen pemasaran dan bagaimana cara mengaplikasikannya.

“Sehingga diharapkan dengan pengetahuan yang  didapatkan dalam pelatihan tersebut, PL Pekka dapat mentransferkan ilmu nya kepada para anggota Pekka di daerah binaannya agar dapat membuat suatu langkah jitu untuk dapat mendongkrak produksi produk dan penjualan dalam usaha mereka,” tandasnya.