Pemerintahan

Pemprov Jabar Fasilitasi 12.813 Mudik Lebaran 2019

BANDUNG.SWARAWANITA NET,-Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menuturkan Program Mudik Gratis Tahun 2019 yang digagas oleh Pemprov Jabar bekerja sama dengan sejumlah instansi pemerintah dan BUMN berhasil memfasilitasi 12.813 orang pemudik yang akan pulang kampung saat Lebaran nanti.

 

“Dapat disampaikan bahwa pada tahun ini terdapat 16 instansi pemerintah dan BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis bagi sekitar 12.813 pemudik di Jawa Barat,” kata Uu Ruzhanul Ulum saat memberikan sambutan Apel Siaga Gelar Pasukan Pengamanan Lalu Lintas dan Angkutan Lebaran Tahun 2019, di Gedung Sate Bandung, Senin.(27/5/2019).

 

Ia menuturkan pemudik yang ikut Program Mudik Gratis yang diselenggarakan Pemprov Jawa Barat ini akan difasilitasi oleh 108 unit bus ke berbagai daerah tujuan mudik di dalam dan luar Jawa Barat.

 

Ia menuturkan sebagaimana diketahui bahwa tradisi mudik pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah menjadi bagian tradisi masyarakat indonesia termasuk masyarakat Jawa Barat.

 

Pada tahun 2019 ini, kata Wagub Jabar, diperkirakan sekitar 18,29 juta orang yang akan mudik lebaran secara nasional dan sekitar 3,7 juta orang diantaranya diprediksi akan mudik ke berbagai daerah di Jawa Barat.

 

“Selain sebagai daerah tujuan mudik, Jawa Barat juga merupakan daerah lintasan pergerakan lalu lintas dan angkutan, baik untuk arus mudik maupun arus balik,” ujarnya

 

Dengan kondisi tersebut pihaknya mengajak kepada seluruh stakeholder perhubungan di Jawa Barat untuk berupaya maksimal dalam rangka membantu, mengatur dan mengamankan pergerakan arus mudik maupun arus balik sehingga para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan lancar, aman, tertib dan selamat sampai tujuan.(die)