Wanita

Pesan Atalia Untuk Hindari DBD

BANDUNG.SJN COM.- Pada musim penghujan, nyamuk demam berdarah lebih mudah bertelur karena banyaknya genangan air.

Ketua Penggerak PKK Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, memberikan beberapa tips untuk menghindari penyakit demam berdarah.Lebih jauh Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang akrab disapa Bu Cinta ini mengatakan, solusi utama adalah pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M.

 

Gerakan 3M yang dimaksud adalah menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, dan memanfaatkan kembali barang bekas.Ia juga mengimbau masyarakat tidak menggantung baju dalam waktu lama.

“Mereka itu mencari tempat yang nyaman yaitu di pakaian. Di pakaian yang menggantung ini, katanya mereka sangat menyukai bau keringat manusia,” ujar Atalia di Gedung Sate, Jumat (8/2/2019).

 

Sehingga Atalia menyarankan masyarakat merapikan pakaian dan disimpan di lemari.Selain itu, Atalia juga menyarankan untuk memelihara ikan yang dapat memakan jentik nyamuk.”Yang sangat baik itu seperti cupang, ikan mas, ikan nila merah, ini saya kira bisa dilakukan,” ujar Bu Cinta.

 

Selain itu, kata Atalia, masyarakat juga bisa menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk.Masyarakat juga bjsa merajang serai dan disimpan di sekitar rumah.”Suasana segar wangi enak. Selain itu juga ada lavender, tentu saja ini termasuk yang paling pemting hindari gigitan nyamuk itu sendiri,” ujarnya.Itulah tips dari Atalia untuk menghindari demam berdarah.