Wanita

IWAPI JABAR SIAP BERKONTRIBUSI DI PEDESAAN

BANDUNG.SJN COM. -DPD Iwapi Jawa Barat mengadakan acara Pertemuan 3 Bulanan dengan tema “Meningkatkan Peran Iwapi dalam pemberdayaan perempuan di Pedesaan ” yang diadakan di Pendopo Kota Bandung, Selasa (29/1/2019). Dalam sambutannya Ketua DPD Iwapi Hj.Masrura Ramidjal SE, MBA, M.Si. menuturkan pada hari ini dapat berkumpul bersama untuk menghadiri acara gelar pertemuan tiga bulanan DPD iwapi Jawa Barat, Shalawat dan salam hendaknya selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, para kerabat, sahabat serta seluruh umatnya hingga akhir zaman.

 

Alhamdulillah pada hari ini kita semua dapat berkumpul bersama – sama dalam acara pertemuan tiga bulanan, alhamdulillah hari ini sudah hadir 20 DPC dari 26 DPC yg sudah terbentuk di Dpd Iwapi jawa barat. Adapun acara ini bertujuan untuk berkoordinasi antara dpc dpc tentang program – program serta permasalahan yang ada di cabang dan ranting ujarnya.

 

Lebih lanjut Hj.Masrura mengatakan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI ) adalah wadah bagi perempuan pengusaha di Indonesia. Dan merupakan satu-satunya organisasi perempuan pengusaha terbesar yang sudah berdiri sejak 11 Februari 1975. Eksistensi dan komitmen IWAPI selama ini untuk memajukan perempuan Indonesia yang mandiri secara Ekonomi agar dapat membantu ekonomi keluarga menuju Indonesia sejahtera dengan berbagai program dan kegiatan baik dari tingkat nasional, provinsi, kota/kabupaten dan tingkat kecamatan.

 

Pemberdayaan perempuan terutama di bidang ekonomi telah lama menjadi sebuah isu sentral yang diusung Iwapi dan di sinkronkan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah baik di tingkat nasional, provinsi maupun kota dan kabupaten. Pemberdayaan ekonomi perempuan diperlukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, antara lain mempertimbangkan jumlah perempuan yang mencapai setengah populasi dunia. Pentingnya peningkatan partisipasi perempuan dalam ekonomi untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi pemulihan ekonomi saat ini. Untuk itu, perempuan kiranya dapat memanfaatkan peluang pesatnya perkembangan ekonomi, termasuk ekonomi digital saat ini sehingga dapat menjadi akselerator peningkatan partisipasi perempuan dalam perekonomian.

 

Saat ini kita ketahui bahwa pemerintah kita memfokuskan pembanguannya dari daerah pinggiran atau desa dengan lahirnya UU desa 6/2014 yang menempatkan desa sebagai subjek pembangunan dan memberikan kewenangan yang lebih kepada warga desa termasuk perempuan untuk menentukan prioritas pembangunan di desanya termasuk program pemberdayaannya. Perempuan di pedesaan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan pembangunan dan perekonomian didesanya ujarnya.

 

Oleh karenanya Iwapi sebagai sebuah wadah organisasi perempuan pengusaha khususnya dapat membantu dan meningkatkan peran perempuan di wilayah pedesaan agar mandiri secara ekonomi dengan berbagai program program pemberdayaannya. In shaa Allah nanti kita akan mendengarkan langsung paparan dari Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat tentang konsep dan program pembangunan dari pedesaan yang saat ini sedang dan akan dilaksanakan di wilayah provinsi Jawa Barat dimana iwapi juga akan berkontribusi untuk mengajak dan memberdayakan lebih banyak perempuan di pedesaan untuk mandiri secara ekonomi dan membantu kesejahteraan keluarganya.

 

 

Sebuah tugas besar bagi kita teman teman Ketua umum DPC Iwapi dan ketua umum DPRanting sejawa barat beserta segenap jajaran pengurusnya untuk mewujudkan visi dan misi Iwapi khususnya di wilayah pedesaan. Keberadaan IWAPI dengan program-program kerja yang selalu di sinergikan dengan pihak pemerintah daerah dan juga organisasi lainnya harus selalu dikedepankan untuk semata-mata menguntungkan semua pihak.

 

Dalam kesempatan yang baik ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada DPP iwapi yang telah memilih Jawa barat sebagai Lokasi pelaksanaan HUT Iwapi ke 44 tanggal 11 Februari 2019 nanti di Bandung yang akan dihadiri oleh bapak Menteri pertanian dan sekaligus secara simbolis menyerahkan bibit jeruk dan jagung kepada anggota Iwapi.

 

Kami juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ibu TPKK kota Bandung dan Bapak Walikota atas semua supportnya, dinas DPM Desa Provinsi Jawa Barat, ketua Umum Kadin Jabar, Bank BNI ketua panitia serta seluruh panitia serta pihak pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu atas kehadirannya dan terselenggaranya acara ini. Terutama kehadiran dari teman teman DPC se Jawa Barat.

 

Semoga acara kita hari ini akan memberikan manfaat yang seluas luasnya bagi organisasi dan anggota iwapi yang kita cintai ini.

 

Acara ini dihadiri oleh Ketua Kadin Jabar H.Agung Suryamal, Sekretaris DPM Desa Provinsi Jawa Barat Ade Afriandi.Perwakilan Bank BNI, DPD Iwapi, DPC Iwapi Kab/Kota Se Jabar,Ranting Iwapi.(bd)