Pemerintahan

RUDY GUNAWAN –HELMI BUDIMAN RESMI JABAT BUPATI-WAKIL BUPATI GARUT DUA PERIODE

BANDUNG.SJN COM. -Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil melantik Bupati dan Wakil Bupati Garut Periode 2019-2024 Rudy Gunawan-Helmi Budiman di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu.(23/1/2019)
Dalam Sambutannya Gubenur Jawa barat Ridwan Kamil menuturkan  saya selaku pribadi dan atas nama pemerintah pusat serta Pemprov Jawa Barat, mengucapkan selamat kepada Pak Rudy Gunawan dan Helmi Budiman yang telah resmi diangkat dan dilantik untuk kedua kalinya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut,” kata Gubernur Emil.

Kabupaten Garut merupakan salah satu wilayah di Priangan Timur yang memiliki peran penting karena lokasinya yang strategis.Beberapa kegiatan yang berskala nasional maupun regional dilaksanakan di Garut seperti pembangunan jaringan irigasi daerah Leuwigoong; pembangunan rumah susun, bantuan pembiayaan perumahan; penyediaan sarana, prasarana dan utilitas, reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut hingga “launching Program One Village One Company”.

Lebih jauh Emil menuturkan  keberhasilan Kabupaten Garut dalam mengawal dan melaksanakan pembangunan akan membantu provinsi dalam mengakselerasi Program-program “Jabar Juara Lahir dan Bathin” melalui inovasi dan kolaborasi.

“Untuk itu, semoga di periode kedua ini saudara sekalian dapat menjaga komunikasi dan kemitraan dengan seluruh `stakeholders` (pemangku kepentingan), jajaran forkopimda, tokoh-tokoh masyarakat juga dengan segenap unsur pemerintahan daerah agar tugas-tugas pemerintahan daerah terutama pelayanan publik di kabupaten garut dapat terus berjalan optimal,” ujarnya.

“Tidak bosan juga saya pesankan untuk menjaga tiga nilai utama sebagai seorang penyelenggara negara, yakni integritas, jiwa melayani sepenuh hati, dan profesionalisme,” kata Gubernur Emil saat memberikan sambutan pada pelantikan tersebut.

Ia mengatakan integritas adalah benteng moral dan saat bekerja jangan sampai salah niat karena jika seorang pemimpin dari awal punya niat yang tidak baik maka dia akan bersiasat.

“Oleh karena itu saya titip integritas, itu dimulai dari pimpinan karena kepemimpinan yang terbaik adalah kepemimpinan dengan keteladanan,” ujarnya.

“Allah berikan kekuasaan kepada Pak Rudy dan Pak Helmi karena Allah memberi izin dan berkehendak tapi jangan sampai oleh sebuah peristiwa maka Allah mencabut kekuasaan tersebut,” Terlebih dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini ada tiga kepala daerah tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat mengalami perkara hukum.

“Mudah-mudahan itu menjadi hikmah kepada kita semua. Allah memuliakan bapak bupati dan wakil bupati karena kalau Allah memperlihatkan rakyat akan mencintai dan mendoakan saudara-saudara,” ujarnya.

Pesan yang kedua untuk Bupati dan Wakil Bupati Garut dari Gubernur Emil adalah melayani rakyat dengan sepenuh hati.

“Jadilah pemimpin yang turun tangan bukan pemimpin yang tunjuk tangan. Jadilah pemimpin yang memberi solusi bukan pemimpin yang hanya bisa memaki-maki. Jadilah pemimpin yang merangkul rakyatnya bukan yang menipu rakyatnya. Jadilah pemimpin yang melayani bukan pemimpin yang minta dilayani,” ujarnya.

Pesan ketiga untuk Bupati dan Wakil Bupati Garut dari Gubernur Emil adalah bekerja secara profesional atau profesionalisme.

“Insya Allah jika ketiga nilai dasar ini selalu dijaga, kita sebagai pimpinan daerah akan nyaman dalam bekerja, rakyat yang kita ayomi juga akan terlayani dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan dirinya siap menjalankan tiga pesan yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

“Terkait integritas kami tentunya selama lima tahun ini (periode pertama) menjaga integritas. Kita akan saling mengingatkan karena ini satu sistem, doakan kami, kami bisa membawa perubahan yang baik untuk Kabupaten Garut,”ujarnya.Bupati Garut.