TNI

Wadan Rindam Lepas Keberangkatan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Kodam III/Siliwangi

SUKABUMI.SJN COM. – Wadan Rindam III/Siliwangi Kolonel Inf Wawan Setiawan, melepas keberangkatan Pleton Beranting (Tonting) Kodam III/Siliwangi yang bertempat di Lapangan Long Vin Kampung Palagan Desa Bojong Kokosan  Kabupaten Sukabumi, Minggu (16/12).

 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono pada sambutannya yang dibacakan Wadanrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Wawan Setiawan mengatakan, ” kegiatan Pleton Beranting (Tonting) yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan wujud kecintaan, pengabdian sekaligus menjadi tradisi pelestarian semangat juang bela negara yang telah diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan terutama dalam peristiwa Palagan Ambarawa yang penuh dengan nilai-nilai kepahlawanan “.

Dilanjutkannya, ” melalui kegiatan Pleton Beranting ini, diharapkan dapat meningkatkan jiwa juang pantang menyerah dan ketabahan setiap insan Prajurit TNI AD untuk berbakti mengisi kemerdekaan “.

 

” Dari peristiwa heroik Palagan Ambarawa, terdapat nilai dan makna kejuangan yang hakiki dalam mempertahankan kemerdekaan pada peristiwa Palagan Ambarawa tersebut, TNI dan Rakyat Indonesia telah mencontohkan kegigihan, militansi dan motivasi juang yang kokoh dan tangguh dalam mempertahankan kemerdekaan, ” ungkapnya.

 

” Keteguhan hati para pejuang dan Prajurit TNI AD dalam melawan Tentara Kolonial, telah menempatkan TNI AD sebagai ujung tombak pertahanan bangsa, ” ungkap Pangdam.

 

Etape yang akan dilalui oleh Pleton Beranting (Tonting) ini, start mulai dari Kabupaten Sukabumi menempuh jarak lebih kurang sejauh 243 Km selama 3 hari, melalui wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan finish di Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Kota Bandung.