Wanita

FESTIVAL FORUM ANAK

BANDUNG.SJN COM.Pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menargetkan pada 2030, semua kabupaten/kota di Indonesia mendapat predikat kota layak anak.
Saat ini baru 389 kabupaten/kota di Indonesia yang sudah meluncurkan ‘Kota Layak Anak’.
Sedangkan di Jawa Barat, baru 11 kabupaten/kota yang meluncurkan ‘Kota Layak Anak’. al itu disampaikan Menteri PPPA, Yohana Yembise, saat menghadiri Festival Kota Layak Anak di Sabuga ITB, Bandung, Minggu (16/12/2018).
“Belum ada yang dikatakan layak anak, sebab harus memenuhi kriteria dan beberapa penghargaan, semisal pratama, madya, nindya, utama, baru setelah itu dapat dikatakan layak anak,” ujar Yohana kepada wartawan.
Yohana mengatakan ada 24 indikator yang harus dipenuhi kabupaten/kota untuk mendapat predikat ‘Kota Layak Anak’.
Beberapa di antaranya, adalah hak sipil anak, semisal akta kelahiran, akses terhadap pendidikan dan kesehatan.
Kabupaten/kota juga harus fasilitas untuk anak, semisal ruang ramah anak, ruang bermain bagi anak, taman bermain, dan ruang kreativitas anak.
“Dengan tempat ruang kreativitas anak anak menggunakan waktu luang, sehingga mereka berkreasi terus. Anak-anak juga harus sekolah mengikuti pendidikan, tidak boleh ada anak tidak sekolah,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Menteri PPPA juga memberikan penghargaan kepada beberapa kabupaten/kota yang memiliki indeks persentase kota layak anak tertinggi.
Yohana mengapresiasi kabupaten/kota yang sudah memiliki perhatian lebih untuk membangun kota sesuai indikator kabupaten/kota layak anak.
“Kami mengucpakan terima kasih pada daerah tersebut, bersama kami pemerintah pusat untuk dapat mewujudkan Indonesia layak anak, targetnya 2030,” ujarnya.
Acara Festival Kota Layak Anak kali ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Ibu dan peluncuran program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta).
Yohana juga mengapresiasi program Sekoper Cinta yang diharapkan dapat meningkatkan keharmonisan keluarga di Jawa Barat yang berdampak baik pada perkembangan anak.