Oded Optimis Inovasi Kota Bandung Kembali Raih Penghargaan

JAKARTA.SJN COM. -Wali  Kota Bandung, Oded M. Danial optimis sejumlah inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih sejumlah penghargaan. Optimisme itu muncul setelah ia mempresentasikan sejumlah inovasi ke tim penilai Innovative Government Award (IGA) 2018 di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Selasa (4/12/2018).

“Kalau melihat tadi (presentasi), mudah-mudahan kita bisa meraih penghargaan,” ujar wali kota usai presentasi.

Ia mengungkapkan, tim juri menanyakan sejumlah inovasi yang telah berjalan di Kota Bandung. Sejumlah pertanyaan yang dilontarkan tim juri, di antaranya tentang strategi pembuatan inovasi, manfaat terhadap masyarakat, dan replikasi inovasi oleh kota/kabupaten lain. Total ada sebanyak 10 poin yang menjadi perhatian tim juri.

“Alhamdulillah, dibantu teman-teman yang lain, kita bisa mempresentasikannya dengan baik,” katanya.

Perlu diketahui, IGA 2018 adalah perlombaan yang digelar Kemendagri.  Lomba ini menilai inovasi yang telah dibuat oleh pemerintah daerah untuk melayani masyarakatnya. Penghargaan tersebut agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah Provinsi dan antar pemerintah kabupaten/kota meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Hingga saat ini ada sebanyak 66 inovasi yang digunakan Pemkot Bandung. Dari jumlah tersebut yaitu sebanyak 18 inovasi pelayanan publik, 32 inovasi tata kelola pemerintahan. Sedangkan sisanya, 16 inovasi di bidang lainnya.

Sejumlah inovasi milik Pemkot Bandung juga telah banyak memperoleh penghargaan dari berbagai pihak. Inovasi tersebut di antaranya Mini Lab Laboratory, Omaba (Ojek Makanan Balita), Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling).

Tak hanya itu, telah ada sebanyak 93 pemerintah kota/kabupaten yang mereplikasi inovasi milik Pemkot Bandung. Sebanyak 22 inovasi telah dihibahkan ke pemerintah daerah lain. Sejumlah inovasi yang paling banyak dihibahkan ke daerah lain di antaranya, Sabilulungan, e-RK, e-Musrenbang.(hms)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.