TNI

Sektor 7 Citarum Harum Launching Penanggulangan Sampah Domestik

KAB BDG.SJN COM. –  Sektor 7 Satgas Citarum Harum yang berkedudukan di Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung menyelenggarakan acara Launching Penanggulangan Sampah Domestik bertempat di Taman Citarum Harum Kp. Cikambuy RT 05 RW 10 Ds. Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Sabtu (24/11).

 

Acara tersebut  diselenggarakan dengan tujuan utamanya yaitu mensukseskan Program Citarum yang sedang berjalan sampai saat ini, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Satgas Citarum Harum Sektor 7 dibawah pimpinan Kolonel Kav Purwadi dengan PT. Hanadinata Abadi. Tbk dengan membuat Bank sampah di 4 titik Citarum guna meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengkonversi sampah rumah tangga menjadi bahan yang bermanfaat dan menghasilkan secara efesien serta ekonomis yang akan dikelola oleh anggota Sektor 7 Satgas Citarum Harum.

 

Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi mengatakan, “ dulunya Taman Citarum Harum di Desa Sangkanhurip penuh dengan sampah karena banyak warga yang membuang Sampah ke sungai, namun dengan adanya taman bermain seperti ini , warga bias merasakan sendiri manfaat ketika memiliki lingkungan yang bersih. Dengan adanya Bank sampah ini, Masyarakat yang tinggal disekitar taman Citarum harum akan sangat terbantu, karena mereka sekarang menjadi tahu apa manfaat langsung bagi mereka ketika mereka bisa memilah sampah dengan baik “.

 

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto yang mewakili Pangdam III/Siliwangi.

 

Dalam amanatnya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr.(Han). Selaku Wadansatgas Citarum Harum Yang dibacakan oleh Aster menyampaikan bahwa Penanggulangan Sampah Domestik, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Citarum Harum dengan tujuan terbangunnya sungai yang bersih, bebas dari sampah dan pencemaran. Pengelolaan sampah domestik, merupakan salah satu upaya yang dapat mempercepat pemulihan Sungai Citarum “.

 

Pangdam III/Siliwangi juga mengharapakan,  dengan Lounching Penanggulangan Sampah Domestik yang dicanangkan hari ini, dapat menjadi salah satu pemicu dalam upaya membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan, yaitu dengan mengelola sampah domestik sehingga memiliki nilai ekonomi dan dapat bermanfaaat bagi seluruh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Sektor 7 Citarum Harum.

 

Adapun Rangkaian acara tersebut selain sambutan yang disampaikan oleh Dansektor 7 serta Pangdam III/Siliwangi yang dibacakan oleh Aster, juga sambutan diberikan oleh Bupati Kab. Bandung yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Bapak Yudi Haryanto, menyampaikan bahwa Sampah bukan merupkan musuh tapi sampah merupakan salah satu sumber ekonomi jika kita dapat mengolahnya dengan baik dan berharap agar program ini dapat berjalan sesuai dengan harapan “.

 

Selain itu, Sandra Sunanto Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk menjelaskan, “ Sebagai perusahaan yang besar dan berkembang di Jawa Barat, Hartadinata Abadi merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum. Salah satu cara yang bisa perusahaan lakukan adalah dengan membangun Bank Sampak di Sektor 7 Taman Citarum Harum Sangkanhurip. Selain untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara pengolahan sampah rumah tangga secara utuh dan lengkap, harapannya Bank Sampah ini bisa merubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya membuang sampah tanpa memilah, menjadi memilah sampah terlebih dahulu karena memiliki nilai ekonomis “.

 

Kegiatanpun dilanjutkan dengan acara penyerahan secara simbolis gerobak sampah yang diserahkan oleh Aster Kasdam III/Siliwangi, penyerahan mesin pencacah plastik yang diserahkan oleh Asisten pemerintahan Kab. Bandung kepada Satgas Citarum Harum dan penyerahan gerobak sampah oleh Direktur utama PT Hartadinata Abadi kepada Satgas Citaru Harum serta diakhiri dengan penyerah taman edukasi citarum harum dan perpustakaan kepada ketua karang taruna Desa Sangkanhurip.

 

Acarapun di akhiri dengan penimbangan sampah dan pengumpulan di Bank Sampah dari masyarakat serta anak sekolah yang disaksikan langsung oleh Aster Kasdam III/Siliwangi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto, Kapendam III/Siliwangi Kolonel Arh GTh. Hasto Respatyo, S.T. , Dandim 0609/Cimahi yang diwakili oleh Perwira Penghubung Mayor Chb (K)Tri Harbusania, Bupati Kab. Bandung yang diwakili oleh Asisten pemerintahan Kab. Bandung Bapak Yudi Haryanto.

 

(Pendam III/Siliwang)