Pemerintahan

Dicky Saromi Di Lantik Menjadi Pj Bupati Cirebon

BANDUNG.SJN COM. -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dicky Saromi sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cirebon.

Pelantikan Dicky Saromi sebagai Pj Bupati Cirebon mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32/9119/OTDA tertanggal 14 November 2018.

Dalam amanatnya, Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengimbau agar Dicky menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Cirebon dengan sebaik-baiknya.

“Segera rangkul semua stakeholder, tumbuhkan semangat baru, moril baru, lupakan masa lalu menyambut hal positif di masa depan,” pesan Emil saat pelantikan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (19/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Emil pun menyampaikan batasan kewenangan Dicky Saromi sebagai Pj Bupati Cirebon sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2008, di antaranya tentang larangan mutasi pegawai atau membuat kebijakan yang bertentangan dengan penjabat sebelumnya.

Selain itu, seorang Pj juga tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pemekaran wilayah dan mengeluarkan perizinan yang bertentangan dengan penjabat sebelumnya. “Setiap membuat kebijakan, konsultasi dengan Gubernur dan pemerintah provinsi,” kata Emil.

Sementara itu, Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi mengaku siap menjalankan tugas barunya dengan penuh tanggung jawab. Dia juga memastikan, roda pemerintah di Kabupaten Cirebon tetap berjalan seperti biasanya.

“Yang paling utama untuk saya dapat menjalankan pemerintahan agar tidak stuck, tidak berhenti tapi kita harus berjalan ke depan,” ucapnya.

Selain itu, dia juga akan mempelajari kultur pemerintahan di Kabupaten Cirebon. Pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar program yang akan dan sedang dijalankan Pemkab Cirebon tetap bisa berjalan.

“Saya secepatnya minggu ini akan mengorientasikan diri dan mempelajari situasi terkini Kabupaten Cirebon, hal-hal apa saja yang harus saya lakukan untuk Kabupaten Cirebon dan kemudian dari situ saya mulai nanti untuk berkoordinasi dengan semua pihak,” tandas Dicky.

Diketahui, posisi Bupati Cirebon telah ditinggalkan Sunjaya Purwadi Sastra yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penunjukan Pj Bupati dilakukan agar pemerintahan di Kabupaten Cirebon dapat terus berjalan.(hms)