Pemerintahan

“Smartfishing.com” Aplikasi Bagi Nelayan Di Jabar

BANDUNG.SJN COM. -Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil meluncurkan tiga inovasi Provinsi Jawa Barat pada Gedung Sate Festival , salah satunya ialah aplikasi yang didedikasikan bagai para pehobi mancing dan nelayan, yaitu Smartfishing.com.

“Aspek pariwisata tentunya tidak lepas dari tujuan dikembangkannya aplikasi hasil karya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat ini. Mulai minggu ini kita menyebar aplikasi di HP Android buat nelayan-nelayan untuk mencari ikan menggunakan teknologi satelit,” kata Gubernur Emil di Gedung Sate Kota Bandung, Sabtu.(17/11/2018)

Dia mengatakan aplikasi ini dilengkapi satelit dan mempunyai daya scan panas, sehingga bisa melihat ikan lagi kumpul di titik mana di lauatan.

Diharapkan melalui aplikasi ini masyarakat nelayan Jawa Barat akan terbantu dan bisa menjadi nelayan tercanggih.

“Harapannya kalau nelayan kita makin canggih, dia bisa pergi tanpa mengira-ngira harus mengambil ikan dimana tapi dibantu oleh aplikasi yang namanya?smartfishing,” ujar Emil, panggilan akrab Gubernur Jabar.

Melalui berbagai inovasi tersebut, lanjutnya, akan semakin mempermudah masyarakat melakukan kegiatannya dan menjadi bagian dari pembangunan Jawa Barat sebagai provinsi digital di Indonesia.

Dia mengatakan pengembangan berbagai inovasi canggih ini juga menjadi bagian dari program kerja 100 hari Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Hari ini Provinsi Jawa Barat melalui salah satu BUMD-nya, PT Jaswita Jabar juga menghadirkan sebuah aplikasi berupa marketplace jasa wisata di Jawa Barat, Gurilaps.com.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat juga hadir dengan inovasi berupa websiteinformasi kepariwisataan yakni Wonderfulwestjava.com.

Bedanya, aplikasi Gurilaps akan memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam memilih paket wisata melalui keunggulan dalam bentuk kemudahan reservasi, ketersediaan paket wisata, harga terbaik.

Kemudian kenyamanan dan keamanan saat berwisata, karena didampingi oleh?tour guide?atau pendamping wisata berpengalaman. Semua paket wisata yang ditawarkan Gurilaps pun sudah dikurasi oleh Koperasi Wanadri dan juga dilindungi asuransi dari Jasa Raharja Putera.

Sesuai dengan namanya, Gurilaps (Gunung, Udara, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai) hadir sebagai “Gerbang Wisata Jawa Barat” yang mengajak para wisatawan menjelajahi kekayaan alam Jawa Barat bersama teman-teman atau keluarga.

“Jadi, kombinasi Wonderfulwestjava.com, Gurilaps.com, dan Smartfishing.com, inilah visi pariwisata digital yang digabung dalam konsep 100 hari kami,” kata Gubernur Emil.