Pariwisata

Menikmati Keunikan Istana Maimun Medan

MEDAN.SJN COM. –Meloncong Ke Sumatra Utara rasanya kurang lengkap tanpa singgah ke Medan dan mengunjungi salah satu destinasi wisatanya yang begitu tersohor, yaitu Istana Maimun.Istana yang berada tidak jauh dari Masjid Raya serta Taman Sri Deli tersebut memanag menawarkan daya tarik tersendiri.

Istana Maimun terletak di kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun,. Kota Medan Sumatra Utara.Selain menjadi warisan sejarah, Istana Maimun di Medan ini menarik untuk dikunjungi karena memiliki desainb dan arsitek yang unik.Selain itu ada beberapa pertunjukanb yang menjadi atraksi wiata tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke Istana Maimun Sumatera Utara.

Pendiri Istana Maimun adalah Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, putra sulung dari Sultan Mahmud Perkasa yang merupakan pendiri dari Kota Medan. Istana tersebut memiliki 30 ruangan yang halamnnnya pun sangat luas.

Ruangan-ruangan yang ada di Istana Maimun memilki fungsinya masing-masing seperti untuk acara adat kerajaan, ruangan bagii para tamu kerajaan, gudang dapur dan lainnya.

 

Bangunan Istana Maemun di Medan Memiliki desain perpaduan antara tradisi Melayu, Kebudayaan Eropa serta arsitektur Islam. Tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

 

Daya tarik dari Istana Maimun bukan hanya dikarenakan Istana tersebut merupakan warisan sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan, melainkan Istana ini juga menyimpan keunikan tersendiri.

Istana tersebut memiliki kurva dengan bentuk seperti kapal terbalik yang terpengarug dengan desain bangunan bernuansakan Isam sebagaimana yang layak dijumpai pada bangunan yang ada di kawasan Timur Tengah.

 

Sedangkan pada bagian jendela serta Istana Maimun di Medan lebih condong dengan gaya bangunan Eropa dengan desain yang tinggi dan Lebar.Keunikan lain yang hadir pada Istana tersebut juga terlihat dari warna perabot yang dijumpai di dalam Istana, termasuk singasana pada bangunan utamanya. Untuk Menikmati Keunikan dari Istana tersebut, sebaiknya memahami jam operasinya Istana Maimun Buka Jam 08.00  hingga jam 18.00 setiap hari. Serta berbagai cendera mata dijajakan sebagai oleh-oleh khas Istana Maimun.(dh)