Pemerintahan

Dekranasda Gelar Lomba Desain Cinderamata Khas Jabar

BANDUNG.SJN COM. -Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat menggelar Lomba Desain Cinderamata dalam rangka membangun karakter khas Jabar lewat seni kriya tangan.

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya mengatakan, hasil karya kriya tangan di Jabar memiliki kualitas yang cukup baik dari segi eksplorasi material, teknik pengerjaan, maupun kreativitas para perajinnya.

“Kerajinan Jawa Barat beragam dan kaya, namun masih perlu mencari ke-khasan yang dapat membangun karakter Jabar secara khusus,” ungkap Atalia, dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (5/11/2018).

Menurut istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu, Lomba Desain Cinderamata diharapkan dapat membuka khasanah baru di bidang kerajinan, agar memiliki kekhasan, baik dalam wujud produk maupun visualnya.

Dengan kearifan budaya lokal Jabar, lanjut Atalia, pemenang lomba juga diharapkan dapat menghasilkan cinderamata khas Jabar yang dapat dijajakan di berbagai objek wisata, bandara, galeri seni, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat strategis lainnya.

Selain Lomba Desain Cinderamata, pihaknya juga akan menggelar Lomba Penamaan Gedung Dekranasda Jabar. Menurutnya, penamaan pada bangunan-bangunan di area publik penting sebagai penanda identitas sekaligus penguatan visi dan misi institusi.

“Pemilihan nama juga tidak bisa asal-asalan karena harus mampu mewadahi seluruh harapan, keinginan, permohonan, amanat dan lain-lain,” jelas Atalia.

Nama baru Gedung Dekranasda Jabar diharapkan mampu mempromosikan sekaligus memaksimalkan fungsi gedung sebagai tempat perencanaan, inspirasi, manajemen, dan potensi produk kerajinan khas Jabar.

Pendaftaran lomba dan sayembara sendiri sudah dibuka sejak 28 Oktober hingga 27 November mendatang. Sementara total hadiah Lomba Desain Cinderamata sebesar Rp45 juta untuk tiga orang pemenang dan Rp25 juta untuk satu orang pemenang Sayembara Penamaan Gedung Dekranasda Jabar

Informasi dan syarat pendaftaran dapat diperoleh di Instagram Dekranasda Jabar (@jabardekranasda) atau melalui tautan, bit.ly/cinderamatajabarjuara dan bit.ly/namagedungdekranasdajabar.

Bagi peserta Lomba Desain Cinderamata yang ingin menyerahkan hasil karya dalam bentuk gambar sebelum diserahkan fisiknya dapat dikirim melalui email ke [email protected]

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Jabar Arifin Soedjayana menambahkan, sejak kepengurusan baru, Dekranasda Jabar akan “ngabret” (lari) sesuai harapan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Artinya, kata dia, akan banyak program dan target yang dikejar. “Baru dilantik, sudah ada ‘seabreg’ kegiatan yang dilakukan,” katanya.(difa)