Parlementaria

Komisi IV DPRD Jabar Melakukan Monitoring ke UPTD ESDM Wilayah III Purwakarta

BANDUNG.SJN COM. -Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan monitoring dan evaluasi anggaran APBD Tahun Anggaran 2018 ke Dinas Energi Sumber Daya Mineral atau ESDM di Unit Pelaksana Teknis Dinas atau UPTD ESDM wilayah III Purwakarta, Lalan Kolonel Singawinata, Kabupaten Purwakarta, Rabu (31/10/2018).

Monitoring Evaluasi Anggaran Tahun 2018 dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program kerja yang telah dilaksanakan dan apa saja kendala yang dihadapi dari dinas terkait.

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Nia Purnakania mengatakan, kegiatan monitoring merupakan kegiatan yang selalu dilakukan menjelang akhir tahun untuk mengontrol kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh mitra kerja dari Komisi IV.

“Banyak kegiatan mitra kerja yang perlu kita pantau sebagtai pertanggungjawabannya,” ujar Nia.

Nia menambahkan, yang menjadi sorotan dari Komisi IV untuk kegiatan UPTD ESDM WILAYAH III Purwakarta yang berhubungan dengan masyarakat dan baru mencapai 55 persen adalah program rasio elektrifikasi atau sambungan listrik ke rumah tangga. Untuk pemenuhan hingga mencapai 100 persen maka Komisi IV akan mensuport kebutuhan yang di perlukan untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

“Target kedepannya tentu semua lapisan masyarakat dapat merasakan program elektrifikasi,” ujar Nia.

Kepala Cabang UPTD ESDM Wilayah III Purwakarta Tedy Rustiady menyambut baik kegiatan monitoring yang dilakukan Komisi IV sebagai mitra kerja untuk evaluasi 2018 terdapat beberapa kegiatan yang masih rendah pencapaiannya karena masalah non teknis seperti kurang atau berubahnya data-data yang ada seperti yang terdapat dalam program lisdes listrik masuk desa.

“Justru diperlukan masukan yang lebih akurat untuk pengawasan,” ucapnya.

Sementara untuk tahun 2019 program kerja yang akan menjadi andalam atau prioriyas utama, Tedy mengatakan terdapat kegiatan pembinaan pengawasan di berbagai sektor. Diantaranya pengawasan air tanah dan tambang.(hms)