Pemerintahan

Gubernur Ridwan Kamil Gulirkan Gagasan Konversi Kompos Gas Ke listrik

BANDUNG.SJN.COM.– Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menggulirkan wacana atau gagasan baru terkait dengan revolusi energi yakni mengganti penggunaan energi gas dengan energi listrik untuk dalam atau mengonversi kompos gas ke kompor listrik.

“Jadi kami sedang mempersiapkan revolusi energi yaitu kalau bisa mengurangi konsumsi gas untuk memasak. Selama ini memang cenderung lebih banyak masalahnya dan nanti tidak tergantung pada energi fosil. Sehingga kita ingin mengonversi semua dapur di Jawa Barat ini dengan kompor listrik,” kata Gubernur yang biasa disapa Emil, di Bandung, Senin (29/10/2018)

Ditemui seusai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate Bandung, Gubernur Emil mengatakan jika semua bisa pakai kompor listrik, maka akan berkurang ketergantungan pada gas atau minyak bumi.

Ia mengatakan berdasarkan hasil suatu studi juga menunjukan kompor listrik per bulannya lebih murah dibandingkan menggunakan gas tiga kilo.

“Namun memang masalahnya, kompor listrik yang ada di Indonesia watt-nya masih besar sehingga kurang efisien,” ujarnya.

Menurut dia, untuk mewujudkan rencana konversi penggunaan kompor gas ke listrik maka Pemprov Jawa Barat akan melakukan studi dalam dua bulan kedepan.

“Jadi kemungkinan pada Januari 2019 kita akan melakukan konversi energi mengubah kompor gas jadi kompor listrik ini,” ujarnya (hms)