TNI

TMMD 103 : “Ngadu Bako “Sejenak bersama Kasdim 0607/Kota Sukabumi

SUKABUMI.SJN COM. -Masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat  Jawabarat dan Banten sudah tidak asing lagi dengan instilah “ngadu Bako”,Istilah Orang Sunda ini sangat Populer sekali dikalangan Prajurit TNI ,khususnya Parajurit Kodam III/Siliwangi.

 

Ngadu Bako adalah sebuah cara atau strategi bagi Parajurit TNI untuk mendapatakan Informasi dan keinginan Masyarakat dan merupakan salah satu Strategi untuk menampung aspirasu Masyarakat.

 

Selain itu Strategi ngadu Bako sering digunakan  oleh Parajurit TNI dalam penugasan di wilayah yang rawan  atau Darurat Meliter .Sehingga Prajurit TNI terus berupaya melakukan pendekatan persuasif kepada Masyarakat dengan istilah “ngadu Bako ” .Sehingga Perjuangan Para Parajurit TNI dalam menumpas musuh atau para pemberontak  mendapatkan bantuan dari Rakyat.

 

Istilah ngadu bako juga bukan hanya diterapkan oleh para prajurit TNI dalam suasana perang saja,namun dalam situasi amanpun istilah ngadu bako ini di implementasikan dalam tugasnya sehari hari melalui Binaan Teritorial.Dan saat ini istilah ngadubako di implemetasikan oleh Kasdim 0607/Kota Sukabumi Mayor  Chb.Khoirul dalam momentum  TMMD  103 Kodim 0607/Kota Sukabumi guna untuk menjalin kedekatan kemanunggalan ,kenersamaan  yang hakiki antara TNI dan Rakyat guna keutuhan NKRI Harga Mati (Kamis,26/10/18).

 

Kasdim 0607/Kota Sukabumi  Mayor Chb.Khoirul seusai mendampingi  Dansatgas TMMD ke -103 meninjau Progres  pengerjaan  sasaran non fisik rabat beton di Kp.Taman  ,Mancagar ,Cipokel sampai Cisarua sambil membagikan  Senack dan minuman kepada satgas TMMD dan Rakyat menyempatkan waktu sejenak untuk melakukan  Komsos dengan   Masyarakat setempat  atau lebih dikenal dengan “ngadu bako”.

 

Dalam suasana hangat dan kekeluargaan May Chb.Khoirul pada kesempatan tersebut memberikan arahan dan himbauan kepada warga Masyarakat yang ikut bekerja pada hari ini. agar terus memelihara semangat  gotong royong dan kemanunggalan TNI dan rakyat .Sehingga kegiatan TMMD ini berjalan sukses.

 

Gelak canda dan tawa semakin  menambah suasana keakraban antara TNI dan Rakyat.sambil sesekali mencicipi makanan dan minuman yang di sediakan warga Kp.Taman .Sehingga  larut dalam kebersamaan tanpa mandang harta tahta dan jabatan.

 

“Mari bersama -sama membangun ,Jaga semangat gotong royong ,bekerjalah dengan tulus dan ikhlas ,agar Desa Sukamanis ini semakain maju dan sejahtera,TNI lahir dari Rakyat dan untuk Rakyat.Jaga dan rawatlah setiap fasilitas yang telah dikerjakan  bersama ini,”pungkasnya

 

 

(Hasbi)