TNI

Yonif 301/PKS Resmi Menjadi Batalyon Berkualifikasi Raider

SUMEDANG.SJN COM. –  Batalyon Infanteri 301/PKS yang bermarkas di Sumedang kini resmi menjadi Batalyon Infanteri yang berkualifikasi Raider. Alih status ini diresmikan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr. (Han) di Lapangan Upacara Yonif Raider 301/PKS Sumedang, Kamis (18/10).

 

Peresmian Yonif Raider 301/PKS ini ditandai dengan pergantian atribut lama ke baru termasuk baret lama ke baret baru oleh Pangdam III/Siliwangi kepada perwakilan Danyonif Raider 301/PKS Letkol Inf Andi Hasbullah.

 

Selanjutnya, Pangdam III/Siliwangi selaku Inspekstur upacara membuka Tunggul Batalyon Infanteri Raider 301/PKS. Dengan demikian resmilah sudah Kodam III/Siliwangi memiliki 2 Batalyon Raider yaitu Yonif Raider 300/BJW yang bermarkas di Cianjur dan Yonif Raider 301/PKS yang bermarkas di Sumedang.

 

Sebelum Yonif 301/PKS ditetapkan menjadi  menjadi Yonif Raider 301/PKS, Terlebih dahulu seluruh prajuritnya melaksanakan latihan pembentukan Raider pada bulan Maret 2018 selama kurang lebih 3 bulan di Pusdiklatpasus Cilacap Jawa Tengah.

 

Penetapan Yonif Raider 301/PKS ini merupakan bagian dari Program pembentukan seluruh Yonif Non Mekanis dijajaran TNI AD menjadi Yonif yang berkualifikasi Raider guna membekali kemampuan tempur essensial yang menjamin fleksibilitas satuan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Proxy War, perang Hibrida dan perang tak terbatas.

 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) mengharapkan, Yonif Raider 301/PKS mampu menangkal ancaman separatisme atau terorisme dan neokolonialisme yang muncul di wilayah Kodam III/Siliwangi, khususnya Korem 062/TN.

 

” Sebagai satuan pemukul dibawah Komando dan pengendalian Korem 062/TN Kodam III/Siliwangi, harus mampu melaksanakan tugas – tugas operasi khusus baik dalam pelaksanaan operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) “, tegas Pangdam.

 

” Seluruh Prajurit Yonif Raider 301/PKS agar mampu menampilkan sosok prajurit Raider yang dibanggakan, dihormati dan dikagumi “, pesan Pangdam.

 

” Siapkan mental, fisik dan kemampuan untuk menerima tugas-tugas dari Komando guna menegakkan kedaulatan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI serta melindungi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman “, tegasnya.

 

Hadir pada acara peresmian Yonif Raider 301/PKS diantaranya, Danrem 062/TN, Bupati Sumedang, para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Kabalakdam III/Siliwangi, dan para Dandim jajaran Korem 062/TN serta para undangan lainnya.

 

(Pendam III/Siliwangi).