Parlementaria

DPRD JABAR MENDUKUNG PROGRAM KEMBANGKAN PEMBANGUNAN PARIWISATA

SUKABUMI.SJN COM.-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, bahwa pihaknya akan fokus untuk mengembangkan dunia pariwisata selama lima tahun pemerintahannya. Dia menyebut dalam master plan pembangunan wisata di Jabar ada tiga tipe pengembangan.

Tipe Pertama, Pemda Provinsi Jawa Barat akan memberikan anggaran berupa hibah untuk mempermudah aksesibilitas menuju tempat wisata dengan anggaran sekitar Rp15 Miliar per lokasi.

Tipe kedua, Pemda Provinsi Jawa Barat akan memberikan hibah sampai Rp50 Miliar ke setiap kabupaten/kota untuk mengembangkan potensi destinasi wisatanya.

Kemudian Tipe ketiga, Emil ingin bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata mengembangkan kawasan-kawasan ekonomi khusus berbasis pariwisata.

Program tersebut di respon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H.Yusuf Puadz dan Hj.Lina Ruslinawati wakil rakyat daerah pemilihan Sukabumi kepada media.

Menurut para wakil rakyat itu,Sukabumi merupakan daerah yang banyak memiliki destinasi wisatanya,namun infrastruktur belum sepenuhnya mendukung dengan adanya rencana pembuatan bandara Cikembar tentunnya hal ini akan berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata di daerah ini.

Ditambahkan legislator dari PPP ini menambahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Sukabumi salah satunya pembebasan lahan untuk Bandara Cikembar.

Dengan adanya Bandara Cikembar, Yusuf berharap potensi pariwisata di Kabupaten Sukabumi seperti Palabuhan Ratu serta Geopark Ciletuh dapat dimanfaatlan semaksimal mungkin untuk menghadirkan kesejahteraan untuk masyarakat.

“InsyaAllah tahun 2019 kita turut berkontribusi untuk pembebasan lahan Bandara Cikembar Kabupaten Sukabumi sehingga destinasi kawasan Palabuhan Ratu dan Ciletuh prospeknya sangat menggembirakan untuk kesejahteraan masyarakat Kab. Sukabumi,” ujar Yusuf.

Hal senada diungkapkan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat lainnya Hj.Lina Ruslinawati.Menurut politisi dari partai Gerindra ini mengatakan, Potensi Kabupaten Sukabumi yakni, dibidang pertanian, peternakan, kelautan serta dibidang pariwisata,tutur anggota komisi II DPRD Jabar ini .

“Geopark Ciletuh menjadi destinasi wisata yang mendapatkan pengakuan dari dunia dan ini harus kita dukung. Potensi Sukabumi yang luar biasa dengan pariwisatanya seiring dengan program gubernur, mudah-mudahan potensi pariwisata ini bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat Sukabumi”, pungkas Lina. (dh)