TNI

Pangdam III/Siliwangi Dan BPDAS Tanda Tangani MoU Perjanjian Kerjasama

BANDUNG.SJN COM– Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) yang diwakili oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc menanda tangani MoU kerja sama dan kontrak antara Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS) Cimanuk Citanduy Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jabar di Ruang Bina Yudha Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung, Jumat (21/9).

 

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc mengucapkan selamat datang kepada Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekisistem Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kadis Kehutanan Jabar, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jabar, Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Cimanuk – Citanduy serta tamu undangan ke Makodam III/Siliwangi.

 

Selanjutnya Kasdam III/Siliwangi memberikan apresiasi kepada Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Cimanuk Citanduy yang telah melibatkan Kodam III/Siliwangi dalam upaya rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) rawan bencana hulu DAS Cimanuk.

 

Kerja sama yang dilaksanakan berupa penanaman pohon di areal tanah seluas 2. 002, 41 Ha di kawasan Konservasi BBKSDA Jawa Barat.

 

” Tingginya pertumbuhan penduduk berimbas pada meningkatnya penggunaan lahan dan terjadi perusakan ekosistem sehingga DAS Cimanuk – Citanduy termasuk DAS yang memiliki lahan kritis dan cukup mengkhawatirkan “, ungkapnya.

 

” Melalui upaya program Citarum Harum tentang penanganan permasalahan Sungai Citarum dari Hulu sampai Hilir termasuk DAS Citarum kita berharap upaya yang dilakukan saat ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meminimalisir kerusakan di DAS Cimanuk – Citanduy “, harap Kasdam.

 

(Pendam III/Siliwangi).