TNI

Babinsa Desa Lamjuhang Pantau Perkembangan Tanaman Padi

 

Aceh Besar.SJN Com.

 

 

Demi mendukung program pemerintah tentang Swasembada Pangan, peran aktif TNI khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0101/BS dalam mendampingi petani di wilayah sangat penting.

 

Seperti dilakukan oleh Serda Nova R. Putra yang merupakan Babinsa Desa Lamjuhang Koramil 04/Lhoong memantau perkembangan tanaman padi milik Bapak Nabahani yang telah berusia 75 hari, bertempat di Desa Lamjuhang Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (08/09/18).

 

Serda Nova mengatakan, bahwa pemantauan terhadap tanaman padi ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman, serta mewaspadai penyebaran hama dan penyakit tanaman padi.

 

“Dengan turun langsung ke sawah, kita bisa tahu perkembangan terhadap tanaman padi, sehingga apabila terjadi kendala atau masalah dapat segera kita atasi,” ujar Serda Nova.

 

Serda Nova berharap dengan adanya pendampingan ini para petani bisa lebih bersemangat dalam mengolah lahannya, sehingga hasil panennya bisa sesuai target dari program ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Aceh Besar.

 

“Tiada harapan lain dalam diri seorang Babinsa, selain menjalankan tugas dan mensejahterakan para petani, membantu segala kegiatan dan kesulitan masyarakat, khususnya di wilayah binaan,” tuturnya.

 

Bapak Nabahani selaku pemilik sawah mengaku sangat senang dan berterimakasih sekali kepada Babinsa, dimana sebelum adanya pendampingan dari Babinsa seringkali masalah petani tidak dapat terpecahkan.

 

“Kami senang Babinsa ikut turun kesawah, melalui pendampingannya semua masalah dan kendala yang kami rasakan dapat teratasi dengan baik, tepat dan cepat,” ucapnya.