Hukrim

VONNY NOHOLO, S.H.M.H. : TEGAKKAN KEADILAN DAN KEBENARAN

 

 

 

Bandung.SJN Com.

 

Keberhasilan kaum perempuan Indonesia sekarang ini adalah buah dari apa yang telah diperjuangkan oleh RA. Kartini pada masa lalu. Saat ini kaum perempuan telah banyak mengalami kemajuan. Keberadaan perempuan semakin dirasakan memiliki arti penting dalam pembangunan menembus zaman sehingga kini banyak perempuan yang berupaya maju dan menempati posisi penting dalam pemerintahan maupun institusi dan perusahaan berkualitas.

Begitupun dengan adanya hari Ibu dapat mewarnai kehidupan kaum Ibu akan tanggungjawabnya dengan memperjuangkan kehidupan kaum perempuan dalam dimensional aktivitas, disatu sisi perempuan itu beraktivitas di dalam rumah tangga sebagai ibu rumah tangga juga di lain sisi beraktivitas di luar rumah sebagai perempuan eksis dengan karir/pekerjaannya.   Hal ini dikatakan oleh Ketua Umum Srikandi Peradi Vonny Noholo, S.H.M.H saat ditemui Swara Wanita di Kantor Pengacara Vonny Noholo & Associates  Jl. PHH Mustofa (Surapati) No. 153 B Bandung,  di bawah pimpinan Advokat Senior Ny. Vonny Vertiana Noholo,S.H.,M.H yang telah berpraktek selama lebih dari 20 tahun, tepatnya sejak tahun 1995, aktif dalam memberikan jasa hukum dan penyelesaian sengketa Hukum baik di dalam maupun di luar Pengadilan dengan wilayah beracara di seluruh Indonesia.

 

 

Kedudukan perempuan dan laki laki tidak ada perbedaan, sehingga tidak ada lagi kata bahwa peranan perempuan dalam pembangunan akan mengurangi keharmonisan rumah tangga, karena bagaimanapun faktor kodrat dan rasa ketimuran tidak dapat diabaikan dengan begitu saja. Sehingga dalam mempersiapkan perempuan sebagai pemimpin masa depan, maka perempuan pun harus berani dan bersedia untuk bekerja keras tanpa harus meninggalkan citra keibuannya serta sebagai perempuan yang cerdas dan berpendidikan maka harus berani merubah menejemen tradisional menuju pada manejemen modern tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai perempuan yang melahirkan orang orang besar didunia tuturnya.

 

Lebih lanjut Advokat Perempuan yang  selalu memperjuangkan keadilan dan  kebenaran ini menuturkan Peranan perempuan baik dalam memperjuangkan rumah tangganya dan mempertahankan bangsa Indonesia ini sungguh sangat luar biasa. Kaum perempuan ikut andil dalam segala aspek kehidupan. Sumur, dapur dan kasur pada dasarnya bukanlah tempat kaum perempuan semata, melainkan mereka juga bisa berbuat lebih dari itu. Maksimalnya perempuan untuk dapat berkarya bagi diri dan masyarakat agar kedepannya bisa berpikir lebih maju dalam kehidupan sosialnya, berkarya dalam berbagai bidang sesuai kemampuan yang dimiliki sehingga tidak ada lagi perempuan yang tidak bisa berdikari. Namun di lain sisi perempuan dapat menjadi suatu petaka untuk dirinya dan negara jika tidak dapat mengelola potensi diri dan karirnya dengan baik dan benar.

Sehingga yang semula dikatakan bahwa perempuan dapat menjadi faktor penentu keberhasilan dalam rumah tangganya dan juga factor utama kebaikan bagi negara, tidak akan sejalan dengan baik, karena jika perempuan itu tidak dapat mengatur, memperhatikan norma/etika/aturan dengan keteraturan hukum yang baik maka pekerjaan/kariri itu akan dapat menjadi petaka untuk keluarganya dan juga kepada suatu negara bahkan Agamanya sekalipun.

 

Sebagai Advokat di tengah rutinitas kesibukannya, masih sempat menyalurkan hobby menyanyi dan membaca puisi. Ia menuturkan di Indonesia keterlibatan perempuan dengan hukum sangat banyak yang dinamikanya mewarnai berbagai bidang, diantaranya: politik, pemerintahan, artis dan lainnya. Kasusnya juga beragam dari kasus korupsi, pencucian uang bahkan narkoba, dilakukan oleh perempuan tanpa mempertimbangkan factor yang dapat menjeratnya dan hanya dapat menguntungkan pihak-pihak tertentu. Beberapa kasus ini yang banyak menyebabkan kaum perempuan dapat berhubungan dengan dinamika/polemik hukum ujarnya.

 

Dengan mempunyai Motto Hidup “Menjadi Perempuan yang selalu bersyukur dengan kodratnya dan tetap tangguh dalam menjalani kehidupan”.

Ditengah kesibukannya sebagai Advokat Perempuan  yang pernah dan masih aktif menjabat sebagai petinggi dan Pengurus diberbagai Organisasi  diantaranya: Ketua Umum Srikandi  Peradi Bandung, Ketua DPC IPHI  (Ikatan Penasihat Hukum Indonesia) Bandung, Ketua Bidang Advokasi Forkom Puspa Jabar,Wakil ketua Bidang Advokasi KPPG Pusat,Penasihat KROB Jawa Barat, Ketua Bidang Advokasi FOSSBI Pusat Jakarta dan Forum Solidaritas Seni Budaya Indonesia (Fossbi), Tim Advokasi LKBH Korpri Jabar Periode 2012 s/d 2017, Tim Advokasi PON Jabar Ke XIX 2016),  Tim Advokasi Papernas Jabar Ke-XV 2016, Bidang Advokasi PARFI Jabar, pernah bergabung dengan Ikatan Pencak Silat (IPSI) Jabar dan Khungfu Nagamas (die)