Pemerintahan

Pemprov Jabar Tingkatkan Minat Baca

 

Bandung.SJN Com

Pemprov Jabar demi meningkatkan minat baca di masyarakat. Berbagai upaya terus dilakukan strateginya

Salah satu cara Pemprov yaitu mengarahkan penggunaan dana desa untuk membangun perpustakaan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Taufiq Budi Santoso menuturkan penggunaan dana desa untuk membangun perpustakaan telah mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat. Kini tinggal ditindaklanjuti oleh pejabat setempat.

“Kemarin kami sudah sepakat dari pusat sudah ada arahan dana desa untuk membangun perpustakaan. Syaratnya satu disetujui dalam rapat desa,” kata Taufiq di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (12/7/2018).

Dia melihat penggunaan dana desa untuk membangun perpustakaan atau taman baca merupakan langkah positif demi meningkatkan minat baca di masyarakat. Pihaknya mendorong kepala desa untuk membahas rencana tersebut dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa.

“Sekarang momentum bulan Juli ini ada Musrenbang Desa. Jadi kita akan segera mendorong di Musrenbang Desa itu disepakati untuk membangun taman baca di desanya masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, Pemprov Jabar meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan perpustakaan kecil di sejumlah ruang publik. Contohnya, kata dia, di mal dan ruang publik lainnya.

“Bahkan kita ingin di bandara ada tempat bacaan. Di BIJB juga kita sudah bicara, tinggal eksekusi,” ujar Taufiq .

Melalui berbagai cara tersebut dia berharap minat baca masyarakat bisa semakin meningkat. Apalagi, sambung Taufiq, saat ini minat baca masyarakat Jabar masih dalam kategori sedang.