Ekonomi

Ignatius Untung, KetuaUmumTerpilih Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Periode 2018-2020

Jakarta.SJN Com

 

 

KepengurusanAsosiasiE-Commerce Indonesia (idEA) periode 2016-2018 yang dipimpin oleh Aulia E.Marintosebagaiketuaumumberakhirdenganterpilihnya Ignatius UntungsebagaiKetuaUmumidEAperiode 2018-2020 melaluiMusyawarahAnggota yang diselenggarakan pada Kamis, 28 Juni 2018 di Hotel A-One Jakarta.

 

Ignatius UntungsaatinimerupakanCountry General Manager Rumah123.com. Beliau juga aktif di Kepengurusanperiode 2016-2018 dan menjabatsebagaiKetuaBidangbisnis dan ekonomi. UntungmerupakankandidatcalonKetuaUmumidEAdengannomorurut 1 yang memperoleh70 persensuaradibandingkankandidatnomorurut 2 yaitu Muhammad Fajrin, CFO Bukalapak.

 

Kepengurusanperiode2016-2018 disusunoleh Auliaberdasarkan program yang tertuangdalamPeraturanPresidenNomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan SistemPerdaganganNasionalBerbasisElektronikTahun 2017-2019 (Road Map E-Commerce).Selama 2 tahunkepengurusan, program kerjabaikinisiatif dan strategisyang dibesutAuliafokus pada:

  • Membangun dan membinahubunganbaikdenganPemerintahterutamadalammengawalpenyusunanmaupunperubahankebijakanpublikterkaitdigital economykhususnyae-commerce;
  • Sosialisasi dan edukasisecaranasionalberupapengembangankapasitasbagi Usaha Kecil dan Menengah; dan
  • Terhadapinovasi yang berkelanjutan.

 

Berangkatdaridinamikasituasi, perkembangan juga potensidigital economy yang terjadi di Indonesia, selama 2016-2018 idEAtelahmemperluascakupan program dan kegiatan yang tadinyahanyaterpusat di Jakarta menjadinasionalkedaerah-daerahbaiktingkatprovinsimaupunkabupaten. Semangatmelakukanedukasi dan sosialisasi program idEAsecaranasionaltersebutbertujuanmenggugahseluruhelemen di ekosisteme-commerce, mulaidari Kementerian, Lembaga di pusatsampaidaerah, Gubernur, Bupati juga Walikotatermasukmasyarakat agar bersinergi dan mengambilperangunamemberikandampaknyata pada pertumbuhanperekonomian digital bangsa.

 

“idEAakanterusmerancang program-program baru, dimulaidarimenyelenggarakankegiatan yang digagassejakkepengurusanterdahulu, sampaiupayauntukterusberkreasi dan berinovasi. UntukitulahregenerasiKetuaUmumsertakepengurusan yang barudiperlukan agar idEAdapatterusmenjadimitrastrategis para pemangkukepentingansekaligusmampusecarakonsistenmemberikanbanyakmanfaatbagianggota” paparAulia E. Marinto pada saatmenyampaikanlaporanpertanggungjawabannyakepada Dewan Pembina dan Dewan PengawasidEA.

 

KetuaUmumidEAperiode 2018-2020 terpilih,menyampaikanapresiasinyaataskepercayaan yang telahdiberikan oleh para anggota, “cukupkagetnamun juga excited, banyakkontribusi yang dapatdilakukan di industridigital economy yang saatinisedangmenjadiperhatiansemuapihak. Program jangkapendek, akanmelakukanpembentukkanpengurusperiode 2018-2020, detilrencanakerja dan perkenalankepemangkukepentingansepertiPemerintah juga Kementerian dan Lembaga segeraakandilaksanakangunamemahamilebihdalamkonsepjuga agar idEAdapatmenyampaikanisu-isutepat dan relevan”.

 

MemprioritaskanpertumbuhanbisnisanggotaidEA dan meningkatkankontribusiterhadappertumbuhanekonomiadalahduavisi yang diusung oleh UntungsebagaiKetuaUmumidEAperiode 2018-2020. Lebihlanjutberikutadalahinisiatif yang dijanjikan:

  1. idEAsebagaie-commerce PR & Brand Ambasador;
  2. idEAsebagaikamardagange-commerce;
  3. idEAsebagaiknowledge centre;
  4. idEAsebagaicommunity pool;
  5. idEAsebagaipendorongtenagakerjaberkualitas
  6. idEAsebagaikomukatorutamakebijakanpemerintah

 

Memasukiperiodekeempatkepengurusanasosiasi, tentusajakeberhasilan yang akandatangtidaklepasdarikeberhasilan yang telahdicapaiperiodesebelumnya. “Saya berterimakasihatasdedikasi dan kerjakeraspengurussebelumnyayang dipimpin oleh Aulia E Marinto, sehinggasayamenerimatongkat yang sangatbaikuntukditindaklanjuti” tutupKetuaUmumidEA yang baru, Ignatius Untung.

 

Selamatkepada Ignatius Untung, semogaharapanbaikuntukidEAdapatterwujud dan menjadikanidEAsemakinmaju.