TNI

Pangdam Dan Kapolda Melaksanakan Vicon Dengan Menkopolhukam

Bandung,.SJN.Com

 

Dalam rangka pelaksanaan pemungutan suara dalam Pilkada serentak 2018 dilaksanakan pemantauan melalui vicon di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Rabu, (27/6).

 

Untuk mewujudkan Pilkada Serentak 2018 yang aman dan damai, dilaksanakan Vickon secara langsung untuk memonitor pelaksanaan pilkada di daerah.

 

Vicon Dengan Pusat yang langsung dipimpin oleh Menkopolhukam Jenderal TNI (Pur) H. Wiranto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Mendagri Cahyo Kumolo.

 

Ditingkat daerah Jawa Barat dihadiri oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han),  Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, S.H. Kasgartab II/Bdg Marsma TNI Taspin Hasan, Kabinda dan Wakapolda Jabar serta jajaran Kodam III/Slw dan Jajaran Polda Jabar.

 

Pada acara Vicon tersebut dilaporkan situasi masing -masing wilayah dengan hal yang menonjol di wilayah. Secara umum wilayah Jawa Barat pelaksanaan Pemilu Kada Serentak berjalan dengan aman, dimana konsep pengamanan yang dilakukan oleh Polda Jabar yang didukung oleh Kodam III/Siliwangi di prioritaskan pada pengamanan kotak suara pada tahap pemungutan suara dan akan beralih kepada pengamanan pada masing masing pasangan calon pada saat penghitungan suara dengan pertimbangan dinamika di lapangan.

 

Pada pelaksanaannya, pengamanan ini sudah direncanakan dan disiapkan jauh – jauh hari menjelang perhelatan Pilkada, sehingga dapat di yakinkan kesiapan TNI – Polri dalam pengamanan Pilkada 2018.

 

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menekankan, ”  pengamanan tindak lanjut penghitungan suara dari tingkat terbawah dari tingkat Kabupaten dan Kota sampai dengan Provinsi pada Pilkada Gubernur.

 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh Kapolda dan Pangdam, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak 2018 ini dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya kendala cuaca dan transportasi di beberapa daerah, wilayah yang masih terkendala agar pejabat dan petugas terkait saling berkoordinsi,

bisa berkoordinasi langsung melalui Pangdam dan apabila ada hal yang perlu di kerahkan.

 

Arahan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto. S.H  kepada jajaran bahwa perlunya tetap berkonsentrasi untuk melaksanakan pengamanan serta perlu melakukan kegiatan pemantauan wilayah.

 

Sedangkan penekanan dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han), ” agar tetap menyiagakan jajarannya untuk  membantu Kepolisian guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2018, monitor terus perkembangan dan melaksanakan patroli bersama untuk mengantisipasi perkembangan situasi demi lancar dan amannya Pilkada serentak 2018.

 

(Pendam III/Siliwangi)