Regional

Dana Desa Didorong Kembangkan Pertanian Organik

Kab Bdg.Swara Jabbar.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mendorong masyarakat desa untuk mengembangkan pertanian organik. Pengembangan pertanian organik tersebut dapat dilakukan melalui BUMDes.

“Banyak limbah atau sampah yang bisa dijadikan kompos untuk pupuk organik, dan menjadi pertanian organik,” ujar Eko saat berdialog dengan masyarakat, pendamping, dan perangkat desa, di Desa Bumiwangi, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu(3/6).

Menurut Eko, sudah banyak desa yang mengembangkan pertanian organik. Selain memberikan hasil panen yang lebih bagus, hal itu juga memberikan dampak ekonomis yang lebih baik bagi masyarakat desa.

“Harganya bisa naik tiga kali lipat,” imbuhnya.

Eko kembali mengingatkan bahwa penggunaan dana desa tidak hanya diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. Namun, pengembangan BUMDes sesuai dengan sumber daya alam sekitar yang berdampak langsung bagi tingkat ekonomi harus menjadi hal yang utama.

“Bisa juga membangun desa wisata organik, anak-anak muda membuka kafe, kemudian pelestarian budaya yang bisa menghasilkan nilai ekonomis,” pungkas Eko