Politik

Kang Hasan; Kita Harus Pegang Wasiat Sunan Gunung Jati untuk Rawat Tajuk dan Fakir Miskin

Cirebon.SJN.Com

Tingkat kemiskinan di Jawa Barat masih berada di angka yang cukup tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2017, angka kemiskinan di Jawa Barat yakni 8,71% atau sekitar 4 juta lebih warga Jawa Barat masih hidup dalam garis kemiskinan. Melihat hal tersebut, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin mengatakan, akan menjunjung pesan Sunan Gunung Jati untuk terus memelihara tajuk atau masjid dan orang miskin.

“Saya akan pegang terus wasiat Sunan Gunung Jati yakni “titip tajuk lan fakir miskin,” ungkap Kang Hasan saat bertemu dengan masyarakat Karang Anyar, Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Selasa (29/5/18).

Pesan dari salah satu Wali Songo, Sultan Syarief Hidayatullah tersebut, lanjut Kang Hasan, bisa direalisasikan melalui berbagai program, yang mampu mensejahterakan, serta mengangkat harkat dan martabat hidupnya. “Bisa melalui pelayanan kesehatannya yang dipermudah, atau pemberian lapangan kerja,” imbuhnya.

Menurut Purnawirawan Jenderal TNI AD itu, rakyat miskin mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan yang prima dari pemerintah. Baik pelayanan kesehatan, pendidikan yang terjamin, serta isi perutnya terpenuhi.

“Itu semua tanggung jawab pemimpin dan negara, jangan ada istilah ‘wong miskin’ tidak boleh sakit, karena tidak mampu bayar,” tutur jenderal bintang dua itu.

Pesan Sunan Gunung Jati yang tak kalah penting yakni memelihara tajuk, yang juga diartikan sebagai tempat untuk menimba ilmu keagamaan seperti madrasah dan pesantren. Kang Hasan bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton) telah menyiapkan program Rp 1 triliun per tahunnya. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk kepentingan pembangunan pondok pesantren serta kegiatan pendidikan keagamaan, termasuk didalamnya tempat ibadah, insentif guru ngaji, hingga marbot masjid.

“Pesantren atau madrasah itu tempat untuk mendidik akhlak generasi bangsa, yang akan terus kita dorong untuk maju dan berkembang,” paparnya.

Pada kesempatan, Kang Hasan sempat berbincang dan menampung aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. Kang Hasan juga menyapa masyarakat Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, yang disambut dengan iringan lagu Hasanah. ***