Pemerintahan

ASN Pemkab Bandung Tadarus Al-Quran Jelang Bertugas

Kab Bdg. SJN. Com

Aparatur Sipil  Negara (ASN) Kabupaten Bandung sudah mengagendakan ngaji rutin setiap pagi, jelang aktivitas bekerja selama bulan Ramadhan. Bupati Bandung H. Dadang M.Naser,SH,S.Ip.,M.Ip mengatakan aktivitas mengaji tadarus Al-Quran menjadi nilai plus di bulan Ramadhan, bukan saja mengharap pahala dan berkah dari Allah SWT, tetapi dia akan berdampak untuk lebih meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual.

“Kita rutinkan tadarus Al-Quran setiap hari menjelang waktu bekerja, selama bulan Ramadhan. Ini tentu saja hal positif yang mendatangkan berkah dan rahmat Allah. Karena melalui agenda tadarus, kita bisa lebih meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual kita menjadi lebih elok,” ungkap Bupati Bandung di Rumah Jabatannya di Soreang, Selasa (22/5).

Bupati berharap, bukan saja ASN yang melakukan agenda rutin tersebut, tetapi juga para pekerja lainnya bahkan siswa dan siswi sekolah bisa bertadarus Al-Quran. Di bulan suci Ramadhan saat ini lanjutnya, dia mengajak untuk terus menyerukan kebaikan terhadap sesama, baik aktivitas sosial bekerja ataupun belajar.

“Meski sudah ada beberapa Perangkat daerah yang punya program tertentu untuk mengisi bulan Ramadhan. Saya berharap juga program tersebut, aktivitas yang lebih banyak melibatkan masyarakat bisa teragendakan, salah satunya seperti yang dilakukan Dispusip (Dinas perpustakaan dan
Arsip),” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dispusip Kabupaten Bandung  Tri Heru Setiati, SH,SP.I mengatakan aktivitas religi tersebut sudah menjadi salah satu agenda rutin selama bulan Ramadhan dari tahun ke tahun. Menurutnya, bukan saja sesuai anjuran Bupati Bandung, tetapi yang terpenting adalah bagaimana  ASN yang dipimpinnya tetap istiqomah dalam beribadah, sehingga pahala akan berlipat ganda.

“Kita rutin membaca Al-Quran sebelum bekerja selama bulan Ramadhan, mengharap pahala Allah SWT. Disini tidak kurang dari 30 orang ASN setiap hari kita mengaji di perpustakaan. Alhamdulillah ada juga warga masyarakat pemustaka yang ikut hadir,” ungkap Tri Heru Setiati usai tadarus Al-Quran di ruang Perpustakaan Kab.Bandung.

Agenda mengaji kata dia, dilakukan rutin pada pukul 08.00 WIB selama sekitar 1 jam. Pada bulan Ramadhan lanjutnya, selain mengaji, ada juga agenda rutin Ramadhan yang melibatkan masyarakat, khususnya para pelajar.

“Sejak tanggal 21 Mei sampai 8 Juni 2018 tadarus dan belajar baca tulis Al-Quran untuk ASN dan pemustaka, kemudian di tanggal 23 Mei akan digelar lomba menggambar cinta perpustakaan untuk pemustaka tingkat TK, SD dan SMP,” imbuhnya.

Tri heru menambahkan agenda lain pada tanggal 24 mei 2018 akan digelar lomba mewarnai dengan tema Rindu Ramadhan yang diikuti pemustaka tingkat PAUD/TK, SD sampai kelas 3 SD. Sementara anak-anaknya mengikuti lomba, jelasnya, para ibu mengisinya dengan belajar keterampilan tangan dengan memanfaatkan barang bekas. Untuk pemustakan anak-anak, akan digelar agenda mendongeng tentang perpustakaan asik dengan semangat Ramadhan.

“Sedangkan di tanggal 30 Mei 2018, Dispusip mengadakan acara catur bari ngabuburit. Tanggal 31 Mei agenda membaca dan mereview buku cerita. Untuk selanjutnya tanggal 5 Juni agendanya lomba menulis buku dengan tema perpustakaan sahabat kita dan terakhir pada 6 Juni ada lomba puisi dan pidato Bahasa Inggris datangnya Ramadhan oleh pemustakan tingkat SMP,” paparnya.

Dia berharap, masyarakat bisa lebih memanfaatkan agenda yang sudah disusun. Karena Perpustakaan bisa menjadi pusat aktivitas masyarakat, seperti belajar, menambah pengetahuan dan keterampilan, mengerjakan tugas, kerja kelompok, dan aktivitas positif lainnya yang bermanfaat.   (Humas Pemkab Bandung)