Politik

Hebring Peduli Terhadap Korban Kebakaran

Bandung.SJN.Com

Puluhan warga korban kebakaran di RW 06 Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung mengadu ke Bunda Hebring, Ineu Purwadewi Sundari. Terutama terkait dengan tempat untuk tinggal mereka.

Perwakilan korban kebakaran, Entis Sutisna (48), mengatakan, sekitar 43 kepala keluarga (KK) yang terdiri lebih dari 100 warga korban kebakaran saat ini kebingungan mencari tempat tinggal karena tempat penampungan sementara yang saat ini ditempati harus dikosongkan.

“Awalnya sama Pemkot Bandung kami dipersilakan untuk menempati mes selama dua sampai tiga bulan sampai kami bisa mengumpulkan uang untuk mengontrak atau pindah ke tempat lain,” kata Entis saat berdialog dengan Ineu yang dijuluki Bunda Hebring di lokasi kebakaran, Jumat (18/5/2018).

Namun baru dua pekan menempati mes, ujar Entis, warga diminta “angkat kaki” oleh pengelola mes karena Pemkot Bandung tidak membayar biaya sewa mes tersebut. Warga pun panik karena pemberitahuan dilakukan secara mendadak dan tanpa rapat terlebih dahulu.

“Sekarang warga bingung harus pindah ke mana. Mau ngontrak sementara juga susah karena kami tak punya uang. Harta benda kami habis terbakar,” tutur Entis.

Warga lainnya, Maman Kurnia (57), juga menyatakan hal senada. Menurut dia, sebagian warga masih bertahan di bekas lokasi kebakaran. Sementara sisanya untuk sementara memilih menumpang di rumah tetangga dan kerabatnya.

“Kami berharap tempat tinggal kami dibangun lagi. Semoga Bu Ineu dan pasangan Hebring bisa membantu kami dan menyampaikan keluhan kami kepada pemerintah,” beber pria paruh baya tersebut.

Dalam dialog dengan warga tersebut, Ineu yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jabar menanyakan mengenai kondisi kesehatan dan stok bahan makanan para pengungsi. Menurut warga, stok bahan makanan maupun layanan kesehatan lumayan mencukupi karena banyak donatur yang memberikan bantuan.

“Kami sangat senang didatangi istri calon pejabat. Beliau memberikan doa dan harapan bagi kami. Semoga pasangan Hebring (Yossi-Aries) bisa menjadi pemimpin Kota Bandung. Kami butuh pemimpin yang peduli kayak Yossi-Aries,” tambah Maman.

Menanggapi harapan warga, Ineu mengaku akan menyampaikannya langsung kepada Pjs Walikota Bandung, M Solihin. Perempuan yang juga Ketua DPRD Jawa Barat itu berharap Pemkot Bandung dapat tetap memberikan perhatian dan support bagi para korban bencana seperti warga korban kebakaran di Malabar.

“Tadi saya sudah komunikasi dengan Pjs Walikota Bandung. Katanya mereka sedang konsolidasi. Semoga Pemkot terus memperhatikan dan membantu mereka sampai mereka mampu untuk kembali membangun rumah mereka atau setidaknya mengontrak,” tutur Ineu