Pemerintahan

Aher Menjamin Kebutuhan Pokok Di Jabar Aman

Bandung.SJN.Com

 

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat selama bulan Ramadan. Namun, ia meminta masyarakat tidak konsumtif selama menjalankan ibadah puasa.

Ia mengatakan sejauh ini untuk sembilan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, sayur, gula, minyak, gas, daging, telur, susu, garam tersedia di pasaran. Selain itu, sambung dia, harga kebutuhan pokok ini juga terbilang normal.

“(Kebutuhan pokok) lancar-lancar saja. Isu kenaikan juga enggak ada, kalau ada juga kecil persentasenya. Yang jelas kita katakan bahwa semua persediaan sembilan bahan pokok di Jabar aman,” kata Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (16/5/2018).

Meski ketersediaan kebutuhan pokok terpenuhi, ia mengajak masyarakat untuk mengendalikan konsumsi selama bulan puasa. Sebab, sambung dia, langkah itu untuk mengantisipasi kenaikan harga di pasaran karena permintaan masyarakat yang melonjak.

“Nah saya kira kalau masyarakat melakukan pengendalian konsumsi, harga-harga enggak akan naik. Oleh karena itu saya mengajak kepada masyarakat melakukan pengendalian konsumsi, beli yang butuh-butuh saja,” jelas dia.

Menurutnya secara matematis tingkat konsumsi masyarakat saat bulan puasa harusnya lebih sedikit dibandingkan hari biasa. Sebab, sambung dia, masyarakat hanya mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka puasa.

Ia mengajak masyarakat untuk mengalokasikan biaya lebih dari pengendalian konsumsi ini untuk kegiatan sosial seperti sedekah dan zakat.

“Harusnya kan kalau secara matematis bulan Ramadan pengeluaran lebih kecil karena makan dua kali saja. Saya ingin kalau masyarakat memiliki dana lebih arahkan ke pengeluaran sedekah untuk fakir miskin,” ujar Aher.