Ekonomi

Jabar Penghasil Teh Terbesar Di Indonesia.

Bandung.SJN,Com

 

Festival teh yang berlangsung jumat, 11 Mei 2018 menampilkan produk teh dan produk olahan yang dibuat dari bahan baku teh.Festival teh kali ini, juga merupakan festival internasional karena ada keikursertaan negara lain yaitu Jepang dan Cina.Tentunya dengan festiva ini, diharapkan dapat memacu peningkatan promosi teh ke mancanagara.

 

Kadis Perkebunan Jabar, Ir. Arief Santosa menjelaskam kondisi eksisting teh Jabar.Jabar merupakan Provinsi penghasil teh terbesar di Indonesia, lebih 70 persen teh nasional dihasikkan dari Jabar sehingga teh merupakan komoditas unggulan.

Teh sebagai tanaman tahunan diproduksi secara kontinu tersebar di wilayah pedesaan pegununungan Jabar sehingga menjadi sumber mata pencaharian sebagian masyarakat,kebih dari 1 juta jiwa masyarakat Jabar tergantung  dari agribisnis teh.

Untuk memperbaiki mutu teh, juga disiapkan program diantaranya melalui penguatan lembaga riset teh, asistensi dan pemantauan  upaya perbaikan mutu hasil, penyempurnaan SNI teh dengan mengakomidir standar yang berlaku di dunia, rehabilutasi 15 pabrik teh hijau rakyat dan 5 pabrik pengolahan teh hitam rakyat, pembentukan dan pengembangan gugus kendali mutu serta penerapan sistem manajemen mutu ISO-9000

Untuk program pemasaran saat ini tenfah gencar dilaksanakan promosi diantaranya penguatan kelembagaan Bandung Tea Auction, perbaikan supply chain teh indonesia melalui pendanaan pemerintah serta pengembangan dan pemberdayaan Jajarta Tea Auction melalui pendanaan investor (die)