Politik

Uu Dorong Industri Kreatif Jadi Pariwisata

Purwakarta.SJN.Com

Calon  Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mendorong indsutri kreatif bisa berkembang menjadi pariwisata. Sehingga industri kreatif tidak hanya sebagai pusat produksi saja.

Menurutnya, Jawa Barat mempunyai banyak potensi industri kreatif yang hanya berpaku pada produksi. Padahal jika hanya mengandalkan pada satu sektor usaha, penghasilan yang didapatkan tidak terlalu besar.

“Industri kreatif itu bisa juga dikembangkan menjadi industri pariwisata, selain sebagai pusat produksi bisa juga menjadi wisata edukasi,” ungkapnya ketika mengunjungi sentra pembuatan kerajinan keramik di Kecamatan Plered, Kabupten Purwakarta, Rabu (2/5/2018).

Dalm rilisyang diterima, Uu mencontohkan di Garut terdapat sentra dodol yang disamping menjadi tempat produksi, juga digunakan untuk pariwisata.

Hal tersebut juga bisa juga diterapkan di sentra pembuatan keramik Plered.

“Saya sendiri senang bisa melihat proses pembuatan keramik atau gerabah, tempat produksi industri kreatif seperti ini merupakan peluang dijadikan tempat pariwisata,” katanya.

Lebih jauh, maka dengan cara seperti itu maka perajin-perajin atau sentra kerajinan tidak hanya mengandalkan pendapatan dari penjualan produk saja. Melainkan ada tambahan dari jasa pariwisata.

Uu juga menilai ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari pengembangan industri kreatif ke pariwisata. Seperti edukasi kepada masyarakat bagaimana proses pembuatan sebuah barang, juga akan membantu pemasaran barang.

“Kalau orang berwisata ke sentra industri kreatif, pasti banyak yang membeli produknya. Pemerintah juga bisa mendorong untuk melakukan promosi ke wilayah yang lebih luas,” jelasnya.

Uu juga berjanji jika dirinya terpilih maka pihaknya akan terus mendorong industri kratif dan UMKM untuk terus berkembang.