TNI

Jadikan Ton Tangkas Sebagai Momentum Untuk Evaluasi Satuan

Cipatat KBB.SJN.Com.

 

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono yang diwakili oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman membuka Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) Tahun 2018 di Lapangan Yudha Wastu Pramuka Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD Cipatat Kabupaten Bandung Barat, Senin (30/4).

 

Lomba Ton Tangkas yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya, bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembinaan latihan satuan, sekaligus untuk mengukur standar kemampuan perorangan Prajurit, Lomba Ton Tangkas telah dijadikan sebagai agenda rutin dan menjadi bagian dari system pembinaan Satuan TNI AD.

 

“ Sebagai institusi yang dinamis, TNI AD harus menyikapi perubahan sebagai suatu keniscayaan dimana TNI AD harus senantiasa membangun system yang adaptif sesuai kekinian namun dapat berlaku secara universal dan terstandarisasi”, tegas Kasad.

 

“ Dalam menjalankan system pembinaan di Satuan tidak boleh terjebak pada kesemuan capaian yang hanya memprioritaskan aspek kuantitas serta cenderung mengabaikan proses dan kualitas hasil kegiatannya”, jelasnya.

 

“ Sebagai Prajurit profesional yang berjiwa kesatria dalam kapasitas satuan secara utuh dituntut untuk unjuk kerja diatas normal dan dalam prosesnya senantiasa menjunjung tinggi nilai – nilai sportivitas dan kehormatan sebagai Prajurit sejati”, ujar Kasad.

 

Akhirnya Kasad Mengatakan, “ Lomba Ton Tangkas ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan implementasi system pembinaan satuan secara utuh dan terintegratif dari seluruh aspek Binsat”.

 

Lomba Ton Tangkas Tahun 2018 mengusung tema “ Melalui Lomba Ton Tangkas, Kita Tingkatkan Kualitas Pembinaan Satuan Jajaran TNI AD Untuk Mewujudkan Prajurit Yang Profesional, Handal, Berjiwa Kesatria dan Bermoral”.

 

Lomba Ton Tangkas diikuti 17 Kotama yang terdiri 15 Kodam dan 2 Divisi Infanteri Kostrad dengan materi lomba meliputi 7 materi perlombaan yaitu Kesegaran Jasmani “A”, Renang Militer, Lintas Medan, Menembak Pistol dan Senapan, Ilmu Medan (teori dan aplikasi) dan Halang Rintang. (Pendam III/Siliwangi).