Regional

Tebarkan Kebaikan Dan Kasih Sayang,

Bandung.SJN.Com.

 

Nama salah satu dewi dalam ajaran Tridharma ini sudah banyak dikenal orang. Tidak hanya penganut Tridharma namun juga bagi sebagian warga non-penganut Tridharma.

Dewi Kwan Im, nama dewi yang kerap memberikan kasih sayang dan menebar kebaikan kepada setiap umatnya. Dewi yang berparas cantik ini pun menjadi salah satu ikon yang melekat erat di hati penganut Tridarma.

Menurut Tjutju Wijaya Kwan Im berarti suara dari makhluk-makhluk yang menjerit atas penderitaan di bumi. Karena itulah, Kwan Im menjadi Bodhisatva yang melambangkan kewelas-asihan dan penyayang.

Karena kebaikan dan kewelas asihannya tersebut, Dewi Kwan Im ini menjadi salah satu dewa-dewi yang sangat dihormati penganut Tridharma, ujar Tjutju Wijaya di Bandung, baru-baru ini.

Kisah lain pun menggambarkan welas asih dan kebaikan seorang Miao Shan atau Dewi Kwan Im. Saat berhasil mencapai pencerahan menjadi Buddha dan hendak memasuki gerbang Nirwana, dirinya mendengar banyak tangisan penderitaan dari alam manusia. Miao Shan pun membatalkan memasuki Nirwana dan memilih tinggal di alam manusia untuk membantu setiap makhluk hidup.

Dirinya senantiasa menyingkirkan segala macam penderitaan dan menumbuhkan kebahagiaan dengan mewujudkan permintaan kesejahteraan kaum yang menderita. Dari kisah itu, secara turun temurun, masyarakat Tionghoa sangat menghormati Dewi Kwan Im. Hampir di setiap rumah penganut Konfusiunisme dan klenteng-klenteng, dipastikan memiliki rupang atau diorama puja untuk mengenang jasa dan kebaikan sang dewi.

“Dewi Kwan Im pasti ada di setiap Vihara. Dan itu sebagai bentuk penghormatan atas kebaikan serta welas asih yang sudah dia berikan kepada umat manusia,” pungkasnya. (dh)