Kunjungan Wistawan Ke Purwakarta Terbesar Ke Tiga Di Jabar

Purwakarta.SJN.Com

Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purwakarta, menjadi ketiga terbesar untuk wilayah Provinsi Jawa Barat.

Sektor pariwisata di kabupaten ini, menunjukan perkembangan yang cukup signifikan sejak beberapa tahun ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida, saat berkunjung ke Purwakarta, belum lama ini.

Menurutnya, konsep yang diterapkan oleh Pemkab setempat cukup efektif. Apalagi, imbas dari penataan ini membuat perekonomian masyarakat turut meningkat.

“Konsep kepariwisataan di Purwakarta sudah sangat efektif,” ujar Ida di sela-sela kegiatan Pengembangan SDM Pariwisata dan hubungan antar lembaga di Hotel Harper Purwakarta, Jalan Raya Bungursari.

Dia mengungkapkan, jika saat ini pariwisata di Purwakarta menjadi penyumbang terbesar ke tiga dari target kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporaparbud), Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengapresiasi pujian yang dilontarkan Kadisbudpar Jabar itu.

Namun demikian, jajarannya belum bisa berbangga hati. Penataan kepariwisataan akan terus dilakukan semaksimal mungkin.

Heri menjelaskan, terus meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke Purwakarta, bukan tanpa alasan. Mengingat, saat ini destinasi wisata ada penambahan sebanyak 13 lokasi.

“Di wilayah kami, saat ini 45 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada. Dengan kata lain, ada penambahan sebanyak 13 lokasi dibanding dua tahun sebelumnya,” kata Heri kepada awak media, Jumat (6/4).

Heri merinci, di 2015 lalu, destinasi wisata yang ada hanya 32 lokasi. Setiap tahunnya ada penambahan. Sampai saat ini sudah ada 45 lokasi wisata. Dari jumlah destinasi ini, wisata alam lebih mendominasi. Selebihnya, kuliner dan wisata religi.

Menurut dia, dengan banyaknya tepat wisata primadona ini, pihaknya memprediksi jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat lagi. Tahun ini, target kunjungan yang ditetapkan dinasnya sekitar 2,5 juta pengunjung. Namun, pihaknya memrediksi realisasi jumlah kunjungan ini akan kembali melebihi target yang telah ditentukan itu.

“Dengan banyaknya lokasi wisata, kami optimistis jumlah kunjungan akan kembali melebihi target, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Di 2017 lalu, Heri menjelaskan, target kunjungan dari dinasnya mencapai 1 juta pengunjung. Tapi, pada kenyataannya jumlah pengunjung ke Purwakarta, justru tercatat berada di angka 2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.