Jabar Zona Merah Rawan Bencana, Masyarakat Harus Waspada

Bandung.

Di Jawa Barat bencana Banjir, Longsor, kalau dilihat peta BencanaJawa Barat termasuk daerah merah. Yang paling utama karena daerah merah praktis sesungguhnya kita semua stockholder yang ada di Jawa Barat termasuk masyarakat tentunya harus bersiap-siap menghadapi semua itu. Bencana yang terjadi di Kuningan, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, saya pikir harus disikapi oleh masing-masing Pemda baik Kabupaten/Kota maupun Pemprov hal ini dikatakan Wakil Ketua Komisi IV H.Daddy Rohanady di Gedung DPRD Jabar Jl.Diponegoro Bandung. Lebih jauh Politisi Gerindra mengatakan kalau dulu Tahun 2009 ada dana onecall (dana darurat bencana) untuk mudah sekali untuk onecall , kemudian dikeluhkan dalam pencairan , agak sulit katanya , karena mekanisme . Harus kawan-kawan pasti tidak mau mempersulit ,masalahnya uang begitu mudah, begitu diaudit jadi masalah buat semua, butuh bantuan,emudaian ada dana keluarnya dicurigai adalah permainanoknum-oknum tertentu, itu yang menjadi masalah sehingga sekarang dana oncall digeser . itu yang menurut saya bagaimana caranya harus digerakan baik-baik , soal tanggap darurat , karena Jawa Barat termasuk daerah merah dari begitu tanggap bencana tapi antisipasi untuk itu rendah terutma untuk dana, bukan hanya kita mengharap bencana, tidak ada orang yang mengharapkan bencana, seperti asuransi kita mengharapkan orang meninggal , kalau meninggal atau ada kecelakaan ada dana-dana antisipasinnya itu yang sesungguhnya.

Jadi penanganan bencana kesannya lambat menurut saya dan harus didorong bagaiamana secepatnya kalau terkait dengan jalan, relative lebih cepat ketika ada longsoran tanah butuh mobilisasi alat berat dsb. Ini menurut saya agak kurang sigap menurut saya, seharusnya seperti itu ada lat berat buat yang standy atau mudah sekali dimobilisasi untuk bantuan secepatnya ujarnya.

Kalau sedang mengerjakan jalan, geser dulu bereskan dulu seperti itu , itu menjadi skala prioritas, utamakan itu urusan kemanusian , itu menyangkut nyawa manusia ujar Daddy.(die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.