Begini Cara Baca Realita politik di Indonesia

Dosen filsafat Universitas Indonesia, Rocky Gerung, menawarkan cara membaca realita politik yang sedang terjadi di Indonesia.

Dalam twit beberapa saat lalu melalui akun @rockygerung, Rocky mengatakan bahwa beliau kini adalah bakal calon presiden atau balonpres.

Rocky tidak menyebutkan siapa yang dimaksudnya dengan beliau. Namun dapat dipastikan, merujuk pada berbagai kejadian belakangan ini, yang dimaksud Rocky Gerung adalah Joko Widodo.

Dalam twit itu Rocky menulis kata beliau dengan belio.

“Belio kini bakal calon predisen (balonpres). Karena sejak elektabilitas belio mangkrak, maka belio bukan lagi presiden. Begitu cara membaca real politics,” twit Rocky.

Dalam sebuah kesempatan di arena diskusi yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi, Rocky mengatakan bahwa elektabilitas Jokowi mangkrak setelah semua kartu yang dimilikinya digunakan.

“Hasil survei yang dipaparkan tadi ada 48 persen yang tidak ingin Jokowi, plus 6 persen yang masih belum menentukan. Artinya ada 54 persen pemilih yang undecided menunggu jalan ketiga. Artinya, elektabilitas petahana mangkrak,” kata Rocky Gerung kala itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.