Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jawa Barat Luncurkan Kampung Walagri

BANDUNG.SJN COM,-Kampung Walagri menjadi andalan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat dalam menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK).

Di sampaikan Direktur RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Elly Marliyani, Sp.KJ, MM, Kampung Walagri bukanlah nama tempat melainkan sebuah program dari Rumah Sakit Jiwa.

 

“di Rumah Sakit Jiwa walagri itu adalah suatu singkatan yaitu Wahana Layanan ODGJ Mandiri. Dan kampung walagri itu sebetulnya bukan hanya program di akhir tetapi program pemulihan,” ucapnya saat menjadi narasumber dalam program Jabar Punya Informasi di Gedung Sate, Bandung, Kamis (10/10)

Lanjut dr Elly, untuk memulihkan kembali ODGJ dan ODMK di Kampung Walagri ini mempunyai lima pemulihan.

 

“Pertama Pemulihan Klinis, pelayanan di instalasi gawat darurat dan di ruang jiwa intensif. selanjutnya pemulihan fisik, biasanya si pasien mempunyai penyakit dan itu kita perbaiki di gawat darurat , diruang jiwa intensif juga diruang rawat inap,” katanya

 

Selanjutnya, Pemulihan eksistensi diri yaitu mengembalikan harga diri mereka supaya percaya diri. setelah itu masuk tahapan pemulihan fungsi, mereka diperbaiki fungsi kehidupannya, fungsi bekerja, fungsi mengurus diri, fungsi hubungan berinteraksi, fungsi komunikasi.

“Dan yang terakhir yaitu pemulihan sosial, bersosialisasi dan ini ada kaitannya dengan dinas sosial,” terangnya

 

Sedangkan untuk ODMK, menurut dr Elly itu tergantung pasiennya, dimana kelainan dan gangguannya.

“Setelah dari perawatan biasanya mereka akan mengikuti pekerjaan fungsi sosial, fungsi pemulihan dan eksistensi dirinya juga kita selenggarakan. Kita juga akan ada café Walagri, yang baru akan di launching 23 oktober,”pungkasnya. (die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *