TNI

Satgas Pamtas Yonif Raider 300/ Bjw Beri Pelayanan Kesehatan Tes Malaria Kepada Siswa SMPN 1 Waris

PAPUA.SJN COM,– Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Kalibom dipimpin Letda Inf Iwan Gunaesi memberikan pelayananan kesehatan tes malaria di SMP N.1 Waris yang berada di Kampung Kalibom Distrik Waris Kabupaten Keerom Provinsi. Papua, Rabu (9/10).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas kesehatan Distrik Waris Ibu Suparlan yang bekerja dibagian Laboratorium untuk memberikan pelayanan kesehatan tes malaria yang ditujukan kepada putra dan putri SMP Negeri 1 Waris, sebagai generasi penerus bangsa tentunya sangat perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk melanjutkan perjuangan dalam membangun Negara Indonesia pada umumnya dan Provinsi. Papua pada khususnya.

Pelayanan kesehatan tes malaria ini sangat perlu dilakukan dalam rangka untuk mencegah berkembangnya penyakit malaria sejak dini yang dapat menyerang kepada siapa saja yang berada di Papua.

Mengingat wilayah yang menjadi tempat penugasan Yonif Raider 300/Bjw merupakan tempat endemik malaria, akan tetapi tidak menyurutkan semangat personel Satgas Yonif Raider 300 untuk memberikan pengabdiannya terhadap masyarakat. Salah satu contohnya dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada Siswa dan Siswi SMP Negeri 1 Waris yang berada di Kampung Kalibom.

Kegiatan ini dapat terlaksana tidak luput dari kerja sama dengan pihak sekolah yang dipimpin oleh Bapak Bakrie, S.pd, selaku Kepala Sekolah. Bukan merupakan perkara yang mudah untuk dapat membujuk siswa dan siswi disekolah untuk mengikuti kegiatan ini, karena tidak sedikit diantara mereka yang takut terhadap jarum suntik, terbukti dari beberapa orang siswa ada yang berusaha untuk lari menghindar dari kegiatan tersebut.

Dengan penuh ketenangan dan kesabaran, anggota Satgas Yonif Raider 300 memberikan pengertian dan pemahaman tentang bahayanya penyakit malaria,  sehingga akhirnya pelaksanaan pengambilan darah untuk tes malaria pun dapat terlaksana.

Kepala Sekolah Bapak Bakrie S.pd, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw telah melaksanakan kegiatan ini sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan maksimal dan lancar, walaupun belum semua siswa dan siswi SMPN 1 Waris dapat mengikuti pelayanan kesehatan ini dikarenakan ada beberapa siswa yang berhalangan tidak hadir dalam kegiatan ini.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno, S.I.P, melalui Danpos Kalibom Letda Inf Iwan Gunaesi mengatakan, ” keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan tentang pelayanan kesehatan tes malaria semata merupakan pengabdian dalam pelaksanaan tugas didaerah perbatasan, tentunya atas sinergitas dengan Instansi terkait diantaranya dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dalam memberikan karya terbaiknya kepada Bangsa dan Negara yang sama-sama kita cintai “. (Pendam III/Siliwangi).