TNI

Kekurangan Guru Kesehatan, Satgas Raider 301/Pks Datangkan Dokter untuk Gadik Di Perbatasan

SINTANG,SJN COM, – Rasa peduli dgn kondisi tenaga pengajar khususnya pengajar kesehatan di SMK Kesehatan
Dharma Husada, Satgas Yonif 301 mendatangkan Dokter Militer sebagai Gadik Kesehatan, Selasa (17/9/2019).

Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa/siswi SMK Kesehatan Dharma Husada di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Satgas Raider 301 mendatangkan dokter Satgas Letda ckm dr. Lukman dari pos Kotis di Badau Kabupaten Kapuas Hulu, khusus untuk membantu proses belajar mengajar bidang kesehatan di SMK Dharma Husada tersebut.

Hal ini dilakukan agar proses kegiatan belajar mengajar di SMK Kesehatan Dharma Husada tetap berjalan, mengingat selama ini tenaga kesehatan yang mengajar di SMK tersebut sangat terbatas.

Menurut Dokter Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS Letda ckm dr. Lukman, selama proses belajar mengajar berlangsung seluruh siswa/siswi SMK Kesehatan Dharma Husada sangat antusias mengikuti pelajaran yang disampaikan baik secara teori maupun praktek. Hal ini terjadi karena semua pelajaran teori maupun praktek yang disampaikan dikemas sesederhana mungkin sehingga mudah dipahami oleh siswa/siswi.

Dansatgas Pamtas Yonif R 301/PKS, Letkol Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau mengatakan, kegiatan ini merupakan sumbangsih satgas 301 dalam rangka membantu mencerdaskan anak bangsa khususnya di daerah perbatasan. Harapannya dengan adanya dokter yang membantu mengajar di SMK Kesehatan tersebut dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa khususnya di bidang medis.

Lanjutnya, “ini merupakan program satgas, selain menjaga keamanan di perbatasan, juga turut serta untuk mencerdaskan anak-anak di perbatasan,” ucapnya.

“Semoga kedepannya, kemajuan pendidikan di daerah perbatasan mampu setara dengan daerah perkotaan, karena dengan majunya pendidikan maka dapat terciptanya generasi muda yang berkulitas,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SMK Kesehatan Dharma Husada Julianto, S.pd, menurutnya selama hampir 3 tahun SMK Kesehatan Dharma Husada berdiri baru kali ini ada tenaga pengajar seorang dokter, “Biasanya pengajar kami disini paramedis dan guru pendidikan dengan jumlah yang sangat terbatas, namun kali ini beda sebab langsung ada seorang dokter satgas yang mengajar siswa/siswi di sekolah kami,” katanya.

Menurutnya semua siswa/siswi sangat senang dengan adanya dokter sebagai pengajar di SMK yang ia pimpin. “Selain berbagi ilmu, dokter juga sering berbagi pengalaman dilapangan selama beliau bertugas sebagai dokter sipil maupun setelah menjadi dokter militer,” tambahnya.

“Ia berharap agar satgas yang akan menggantikan Yonif R 301/PKS akhir tahun ini juga akan tetap bekerjasama membantu SMK Kesehatan Dharma Husada,”ucapnya. (Pendam III/Siliwangi).