Pemerintahan

#HJKB209: Beresih Bandung Jilid II Sisir Taman di Wilayah

BANDUNG.SJN COM,-Menyambut Hari Jadi ke-209 Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Forum Bandung Sehat (FBS) menggelar Beresih Bandung Jilid II, Minggu (15/9/2019). Kali ini Berersih Bandung digelar di seluruh wilayah Kota Bandung.

Pada Bandung Beresih Jilid II akan digelar dua kali, yaitu pada Minggu (14/9/2019) dan Sabtu (21/9/2019) pekan depan.

“Hari ini 30 Kecamatan semuanya bebersih taman yang sudah dipilih di Kewilayahan masing masing. Sekitar 200-300 warga di masing masing wilayahan membersihkan taman,” ujar Ketua FBS Kota Bandung, Siti Muntamah Oded di Alun-alun Ujungberung Kota Bandung, Minggu (15/9/2019).

Beresih Bandung Jilid II ini bertemakan “Peduli Taman dan 100% Open Defecation Free (ODF)”. Menurut Umi, sapaan akrab Siti Muntamah Oded, seluruh Kecamatan terlibat dalam Beresih Bandung. Setiap kecamatan fokus bebersih di Kewilayahan Masing masing.

Umi mengatakan, dengan kekompakan dan semangat menjaga kebersihan taman dan 100% ODF atau kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Kota Bandung akan semakin baik.

“Masyarakat Kota Bandung dikenal senang bergotong royong. Acara Beresih Bandung ini juga merupakan upaya mendukung program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan sampah), insyaallah kebahagian di Bandung akan selalu hadir dan lebih baik, dan nyaman untuk dihuni,” jelasnya.

Umi mengimbau warga kota Bandung untuk terus menjaga kebersihan dan tidak BAB sembarangan karena hal tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

“Pada dasarnya ketika kita melihat di lapangan, betul bahwa ternyata catatan Kemenkes hanya 60 persen masyarkat kota Bandung itu ODF. Masih ada yang membuang BAB sembarangan. Bukan berarti tidak punya jamban tapi pembuangannya diarahkan ke sungai dan solokan. Untuk itu, kita mengimbau untuk menggunakan septictank komunal,” tuturnya.

Selepas membuka Beresih Bandung Jilid 2 di Alun-alun Ujungberung Kota Bandung, Umi bersama Wakil Ketua FBS Kota Bandung, Yunimar Yana Mulyana dan Ketua DWP Kota Bandung, Cici Ema sumarna mengunjungi Beresih Bandung di Kecamatan Arcamanik di Taman RW 09, Jalan Olahraga.